LIPI Turut Serta Bangun Taman Sakura di Kawasan Gunung Lawu Jawa Tengah

 
 
Karanganyar, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPPTPDAS) Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Perhutani membangun Taman Sakura di Lawu (Sakral) di kawasan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Peresmian Taman Sakral tersebut berlangsung pada Sabtu (27/1/2018).
 
Hadir dalam peresmian ini adalah R. Hendrian (Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI), Warih Andang Tjahjono (Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Kozo Honsei (Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia), Adi Pradana (Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah), dan Samsi (Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar).
 
“Keterlibatan LIPI dalam pembangunan Taman Sakral ini sekaligus dalam rangka memperingati 60 tahun kerja sama antara Indonesia dengan Jepang. Keberadaan Taman Sakral diharapkan sebagai penanda terwujudnya kerja sama yang lebih baik di masa depan,” Kata R Hendrian, Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI di sela-sela peresmian Taman Sakral.
 
Taman Sakral sendiri memiliki luas sekitar 1,2 hektar dan dibangun di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Cemoro Kandang, Tawangmangu. Warih Andang Tjahjono, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, menyampaikan bahwa tanaman Sakura yang ditanam pada peresmian ini sebanyak 60 pohon. Lalu, direncanakan pula untuk lima tahun ke depan luasan Taman Sakral akan diperluas menjadi 5 hektar.
 
Sementara itu, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan Taman Sakral tersebut. “Tanaman dapat menjadi salah satu cara diplomasi antar negara. Hal tersebut telah dilakukan sejak zaman Presiden Soekarno,” terangnya.
 
Sebagai informasi, peresmian Taman Sakral tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Jawa Tengah, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan perwakilan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman simbolis pohon Sakura oleh Gubernur Jawa Tengah dan semua pihak yang terkait. (BKT Kebun Raya Cibodas/ed: lyr,pwd)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari BKT Kebun Raya Cibodas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. R. Hendrian M.Sc.