LIPI: Mari Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Segenap pimpinan dan sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) area Jakarta dan sekitarnya melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November di Lapangan LIPI Pusat Jakarta, Jumat (10/11). Momentum peringatan Hari Pahlawan ini diharapkan meneguhkan komitmen seluruh sivitas LIPI dalam memperkokoh persatuan untuk membangun negeri lewat Iptek.
 
Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati selaku pembina upacara mewakili Pelaksana Tugas Kepala LIPI mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan  merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para pahlawan dan pejuang Indonesia. “Peringatan ini mengingatkan terjadinya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang merupakan  pertempuran terbesar setelah Indonesia merdeka,  dan menelan korban jiwa yang cukup besar,” tuturnya.
 
Dikatakannya, tema peringatan Hari Pahlawan pada 2017 adalah “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Tema ini difokuskan untuk mengingatkan seluruh elemen bangsa agar bersatu padu memperkokoh persatuan membangun negeri.  “Mengingatkan pada kita semua untuk senantiasa lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan,” sambung Enny.
 
Dia melanjutkan, semangat dan perjuangan kepahlawanan sudah sepatutnya menginspirasi dan mengingatkan bahwa bangsa Indonesia secara bertahap harus dapat membangun kemandirian. Kemandirian yang ditopang dengan kemampuan sumber daya nasional yang bebas dari ketergantungan luar negeri.
 
Kemandirian dengan tidak tergantung dari produk luar negeri dan kemudian mengurangi ketergantungan dengan penguasaan dan penguatan Iptek. Penguasaan dan penguatan Iptek dapat diraih dengan menempatkan aktivitas penelitian, pengembangan dan pemanfaatan Iptek sebagai unsur utama dalam pembangunan bangsa. “Dari sinilah  peran LIPI   dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus mampu menyediakan solusi bagi beragam kebutuhan bangsa semakin nyata diperlukan,” tutup Enny.
 
Dalam kesempatan ini, Enny juga mengapresiasi atas capaian LIPI di dua bulan terakhir. Di antaranya adalah LIPI menerima penganugerahan BMN Awards dari Kementerian Keuangan RI pada 2 November 2017, proses rekrutmen CPNS yang berlangsung dengan baik, dan berbagai rangkaian kegiatan 50 tahun LIPI seperti Indonesia Science Expo (ISE) 2017, 18 konferensi nasional dan internasional, serta 30 pendukung lainnya, yang juga berjalan dengan baik dan lancar. (pwd)



 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 261