Melalui Diseminasi Iptek, LIPI Tingkatkan Potensi Daerah Timika

 
 
Timika, Humas LIPI. Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kembali digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan tema "Pemanfaatan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah”, pada Senin (7/5) di Timika, kabupaten Mimika, Papua. “LIPI selain mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian, juga menerapkan langsung hasil penelitiannya kepada masyarakat. Melalui kegiatan diseminasi iptek inilah LIPI berharap teknologi yang banyak dihasilkannya dapat bermanfaat bagi masyarakat Papua, khususnya di Timika,” ujar Inspektur LIPI, Hiskia Sirait yang hadir mewakili pimpinan LIPI.

Anggota Komisi VII DPR RI, Peggi Patrisia Pattipi menyebutkan,  LIPI selama ini sudah terbukti menghasilkan berbagai teknologi yang dapat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. "Dengan teknologi yang dikenalkan LIPI, kami berharap akan meningkatkan hasil produk lokal Papua sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat ", jelas Peggi.

Dalam kegiatan diseminasi yang diadakan di distrik Iwaka, Timika ini, peserta kegiatan yang berasal dari unsur DPRD Kabupaten Mimika, aparat pemerintahan Kabupaten Mimika, juga para tokoh masyarakat mendapatkan pembekalan pengetahuan cara membudidayakan tanaman jagung dan kopi. Para peserta juga mendapatkan bantuan berupa jagung dan bibit kopi robusta.

Yance, salah seorang Kepala Distrik yang hadir, mengaku senang dan bangga dengan kunjungan LIPI bersama anggota Komisi VII DPR RI tersebut. “Adanya bantuan bibit tanaman dan Diseminasi Iptek LIPI ini kami harapkan akan meningkatkan semangat dan pengetahuan masyarakat Timika dalam mengolah dan memanfaatkan lahannya yang sudah subur,” ungkap Yance. (isr/ed: fza) 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Hiskia