Miliki Produktivitas Publikasi Tertinggi, LIPI Raih Sinta Award dari Kemenristekdikti

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Sebagai apresiasi terhadap upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan pemberian  penghargaan Sinta (Sinta Award) di Jakarta pada Rabu (4/7). Penghargaan diserahkan oleh  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir kepada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko.

Pemberian Sinta Award diberikan untuk tiga kategori besar, yaitu Institusi Litbang/Perguruan Tinggi, Individu Peneliti, Pengelola Jurnal, yang mencakup 20 sub-kategori rinci yang dibuat berdasarkan pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh stakeholders dari perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dosen, peneliti, institusi dan pengelola jurnal yang telah menunjukkan prestasi yang nyata dalam peningkatan publikasi dan jurnal ilmiah.

LIPI mendapat penghargaan sebagai  Institusi dengan Produktivitas Publikasi Tertinggi untuk kategori Lembaga Penelitian Non Perguruan Tinggi dengan nilai Sinta Score 2477. “Saya ucapkan selamat, semoga dapat menjadi pemacu dan pemicu dosen, peneliti, institusi, dan pengelola jurnal untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah baik secara nasional maupun internasional,” ujar Nasir.

Sinta atau Science and Technology Index merupakan aplikasi untuk memudahkan pendataan publikasi dan karya dari dosen, peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia sehinga dapat diukur kinerjanya. Sampai 26 Juni 2018 telah terdaftar lebih dari 109. 000 dosen. 4.530 lembaga, 2.066 jurnal, 9.905 buku dan 1.445 kekayaan intelektual yang sudah masuk terindeks di Sinta berdasarkan hasil verifikasi, akreditasi dan evaluasi.

Integrasi data yang sebelumnya hanya dilakukan dengan Google Scholar dan Scopus, ditingkatkan dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk buku, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual untuk paten dan hak cipta, serta Orchid dan Web of Science untuk publikasi internasional. (fza/ed: dig)


 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.