Normal Baru, Tahap Wawancara Tes Seleksi CPNS LIPI Dilaksanakan Secara Virtual

 
 

Cibinong, Humas LIPI. Sebanyak 190 peserta tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengikuti tahap akhir tes seleksi, yaitu wawancara. Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, menekankan pentingnya tetap melakukan proses wawancara meskipun tidak dapat bertatap muka secara langsung.

“Wawancara ini penting untuk melihat sejauh mana pengalaman substansi peserta, karena informasi itu yang akan dipakai untuk menempatkan CPNS di Kelompok Penelitian yang sesuai. Saya yakin akan sulit melihat hanya dari nama bidangnya tanpa menggali kepakaran dan minat riil mereka,” ungkap Handoko saat memberikan sambutan secara virtual pada Senin (22/9).

Tahapan tes seleksi CPNS LIPI terdiri dari seleksi administrasi, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seleksi SKB dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: SKB CAT, Psikotes, dan Wawancara. Ratih Retno Wulandari, Pelaksana Tugas Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, menjelaskan bahwa seleksi administrasi sudah dilakukan sejak 2019 dan seleksi kompetensi dasar di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Februari 2020. 

Merabaknya pandemi COVID-19 membuat proses rekrutmen ini sempat ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan. Peserta yang lolos ke tahap SKB kemudian melakukan tes di wilayah masing-masing. “Guna mengurangi pergerakan antar-daerah, seleksi SKB CAT dilakukan di seluruh Kantor Wilayah BKN di Indonesia, serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk peserta Diaspora,” rinci Ratih.

Proses seleksi wawancara CPNS untuk formasi Peneliti dan non-peneliti akan berlangsung mulai 22 September 2020 sampai dengan 1 Oktober 2020. “Prosesnya dilakukan  secara daring di kediaman masing-masing peserta, sementara ruang kontrol panitia berada di gedung Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan LIPI,” ujar Ratih. 

Pada 2019, LIPI melalui Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia membuka formasi untuk 170 CPNS LIPI. Formasi yang tersedia tidak hanya untuk jabatan fungsional peneliti saja, namun juga untuk jabatan fungsional non-peneliti; analis anggaran, analis kebijakan, analis kepegawaian, auditor, perancang perundang-undangan, dan analis perkebunrayaan. (Yl/ed: SL)



Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 701