Peran Lembaga Riset dalam Program Infrastruktur Pemerintah

 
 
Jakarta, Humas LIPI.  Pembangunan infrastruktur jadi upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional. Peran lembaga riset seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi mengemuka. “Lembaga riset berperan mensinergikan pertimbangan ilmiah dengan kebijakan pemerintah terkait pembangunan infrastruktur agar hasilnya optimal,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto,  pada Kamis (24/5) di Jakarta.

Bambang menjelaskan, LIPI memberikan masukan terkait manfaat dan kondisi yang terjadi di masyarakat terkait pembangunan infrastruktur. “Kami berupaya mengedepankan hasil riset sebagai landasan kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi,” jelasnya.
 
Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rezeki Peranginanin mengatakan, pemerintah saat ini berupaya menyediakan teknologi untuk membangun infrastruktur secara cepat agar pengembangan wilayah bisa optimal. “ Kita berupaya meningkatkan daya saing dan mengurangi disparitas antar wilayah berdasarkan potensi yg dimiliki. Intinya bagaimana menyambungkan infrastruktur dengan kesesuaian daya tampung dan kondisi masyarakat,” jelasnya.

Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Satrio Soemantri Brodjonegoro menjelaskan perlunya pembangunan infrastruktur transportasi. “Terbatasnya jumlah infrastruktur membuat pembangunan ekonomi tidak maksimal padahal kunci peningkatan ekonomi adalah infrstruktur transportasi yang terintegrasi dengan baik,” terangnya.
 
Menurut Satrio, berdasarkan studi, pembangunan infrastruktur menunjukan efek yang positif dan signifikan untuk membangun perekonomian untuk negara berkembang seperti Indonesia. “Pemerintah berupaya optimal untuk mengurangi disparitas ekonomi melalui pembangunan infrastruktur antar wilayah diseluruh Indonesia,” tutupnya. (lyr/ed: fza, dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.