Percepat Alih Pengetahuan dan Teknologi, LIPI Pererat Kerjasama dengan Pemda

 
 
Bogor, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah gencar berupaya untuk mempermudah dan mempercepat proses alih pengetahuan dan teknologi kepada para stakeholders terkait, khususnya pemerintah daerah (Pemda). Upaya ini dilakukan salah satunya dengan lebih mempererat jalinan kerjasama antara LIPI dengan berbagai Pemda, baik tingkat kabupaten maupun provinsi yang ada di Indonesia.
 
“Kami selalu berusaha membangun kemitraan strategis melalui kerjasama penelitian dan berbagai kegiatan ilmiah dengan para stakeholders di daerah. Tujuannya adalah agar alih teknologi LIPI secara cepat terasa manfaatnya bagi masyarakat,” ungkap Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain dalam Workshop Inisiasi Kerja Sama dan Implementasi Hasil Riset LIPI dengan Mitra Strategis di Bogor belum lama ini.
 
Iskandar katakan, berbagai program kerjasama LIPI dengan daerah bisa melalui berbagai cara, seperti pembangunan kebun raya daerah, diseminasi dan alih teknologi LIPI, program iptek untuk daerah (Iptekda), serta pembinaan ilmiah masyarakat. Dengan kerjasama tersebut, diharapkan kehadiran LIPI semakin kuat dan kebermanfaatan hasil penelitian terasa betul bagi masyarakat daerah.
 
Salah satu daerah yang telah menjalin dan merasakan manfaat kerjasama dengan LIPI adalah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyebutkan, jalinan kerjasama dengan LIPI telah terbangun sejak 2010. “Hasil kerjasama tersebut adalah pengembangan potensi sumber daya air, geopark, dan kebun raya di Samosir,” ungkapnya.
 
Kerjasama LIPI dan Kabupaten Samosir sendiri telah dimulai sejak 2010 dengan penandatanganan Nota Kesepahaman kedua pihak tentang pengembangan Kebun Raya Samosir. Kemudian pada 2013, jalinan kerjasama berlanjut dengan satuan kerja LIPI, Balai Pengembangan Instrumentasi terkait sumber daya air.
 
Tidak hanya sampai di situ, kerjasama berlanjut pada 2014 dengan menggandeng Pusat Penelitian Limnologi untuk mengevaluasi Balai Benih Samosir. Selanjutnya, Pusat Penelitian Limnologi LIPI juga mengusulkan Samosir sebagai salah satu Taman Tekno dan geopark ke Bappenas. Kerjasama pun terus berlanjut dan diperpanjang lagi pada 2015 hingga sekarang.
 
Sementara itu untuk kerjasama dengan daerah, tren kunjungan stakeholders dari daerah maupun perguruan tinggi sejak 2013 terus meningkat setiap tahun. Rata-rata sekitar 60 kunjungan ilmiah ke LIPI per tahun. (Kerma,pwd/ed: isr)

 

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain
Diakses : 1201