Pohon Na Tree Bukti Eratnya Hubungan Bilateral Indonesia – Sri Lanka

 
 
Bogor, Humas LIPI. Memperingati 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Sri Lanka, Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia dan ASEAN, H.E. Dharsana M. Perera melakukan penanaman pohon nasional Sri Lanka, Na Tree atau pohon nagasari di Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat pada Senin (2/7). Turut mendampingi adalah Deputi Bidang Ilmu Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Sudarmonowati dan Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko.

Pohon ini didatangkan langsung dari Royal Botanic Gardens Peradeniya, Sri Lanka. Kebun raya ini merupakan kebun raya pertama di Sri Lanka yang usianya hanya terpaut empat tahun dari pendirian Kebun Raya Bogor. Bibit Na Tree sengaja disiapkan khusus untuk acara kali ini.

“Penanaman pohon ini adalah bukti Indonesia dan Sri Lanka mempunyai kepedulian tinggi terhadap konservasi lingkungan,” ujar Duta Besar Dharsana. Dirinya juga berharap pohon Na Tree dapat menjadi simbol hubungan yang baik dan erat antara Indonesia dan Sri Lanka.

Sebelumnya pada kunjungan kenegaraan ke Sri Lanka pada bulan Januari lalu, Presiden Joko Widodo memberikan pesan agar kedua negara ini sepakat untuk lebih erat dalam membangun kerjasama bilateral antar dua negara. “Kami sangat mengharapkan kerja sama dan dukungan dari Sri Lanka bagi Kebun Raya Bogor untuk mendapatkan predikat UNESCO sebagai World Heritage Site,” terang Enny Sudarmonowati.

Pohon Na Tree bernilai tinggi bagi kehidupan masyarakat Sri Lanka.Selain berkhasiat sebagai obat dalam ilmu pengobatan klasik Aryuveda, bunganya menjadi bagian dalam ritual keagamaan. Kayunya dimanfaatkan dalam berbagai bangunan kuil Di Indonesia sendiri, khususnya di Jawa, beberapa masyarakat meyakininya sebagai pohon penolak bala.(shm/ed: fza)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati