Sapa Media, Upaya LIPI Jaring Kebutuhan Riset yang Diperlukan Masyarakat

 
 

Jakarta. Humas LIPI.  Selama masa pandemi COVID-19 banyak aktivitas dan inovasi riset yang telah dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam rangka usaha untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. “Saya berterima kasih kepada media yang telah membantu LIPI dalam mempublikasikan hasil-hasil riset. Harapannya informasi-informasi ini bisa menjadi penerang dalam kegelapan selama pandemi bagi masyarakat,” ungkap Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko pada Jumat (26/6) dalam kegiatan Sapa Media: Aktivitas dan Hasil Riset Untuk Kebutuhan Masyarakat di Masa Kenormalan Baru.

Selain menjelaskan terkait aktivitas dan hasil riset kepada media massa nasional, LIPI juga meminta saran kepada para jurnalis terkait informasi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Kegiatan Sapa Media yang dilaksanakan secara daring ini, dihadiri berbagai media massa nasional yang telah lama menjadi mitra dalam publikasi hasil-hasil riset LIPI.

Manfaat dari publikasi media massa juga dirasakan oleh satuan-satuan kerja di lingkungan LIPI. “Peneliti-peneliti di LIPI menjadi bersemangat karena adanya bantuan dari rekan-rekan media. Dalam waktu dekat ini masih ada produk-produk riset yang akan keluar maka saya meminta bantuan rekan media untuk membantu mempublikasikan,” jelas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono.

Sementara Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Tri Nuke Pudjiastuti menyatakan media telah membantu para peneliti menyampaikan gagasan dan pemikiran. "Apa yang ditulis rekan-rekan media adalah suatu kacamata dari peneliti bidang sosial. Kami berterima kasih untuk para jurnalis yang menulis dengan hati-hati serta selalu mencoba mengonfirmasi kembali kepada kami,” jelas Nuke.

Sementara menurut Plt. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Yan Riyanto, situasi pandemi ini membuka peluang yang sebelumnya mungkin sulit dilakuakan. "Pandemi ini adalah semacam blessing in disguise yang membuka ruang kolaborasi kita. Media merupakan partner dalam mengedukasi masyarakat, hal ini dapat menjadi cara baru bagi kita dalam meningkatkan solidaritas dan berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang sedang kita hadapi saat ini," tutupnya.  (hmw/ed:fz)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Mila Kencana S.IP., M.A.
Diakses : 498