Satuan Kerja LIPI Ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus berupaya mewujudkan komitmen untuk membawa iptek lebih dekat pada masyarakat.  Pengembangan teknologi dan dan inovasi terus dilakukan, termasuk menjadi lembaga litbang yang akuntabel hingga dapat menjadi acuan dan diandalkan oleh masyarakat dan pemerintah dalam membuat kebijakan. “Salah satu komponen pilar kapabilitas inovasi untuk mendukung daya saing adalah kualitas dan keunggulan lembaga litbang, ” terang Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P. S. Brodjonegoro  pada acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019 pada Senin (2/12) di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, satuan kerja LIPI mendapat penghargaan dari Menristk yaitu Balai Penelitian Teknologi Mineral, Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi, Pusat Penelitian Limnologi, Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik, serta Loka Penelitian Teknologi Bersih ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2019. Sementara Pusat Penelitian Biomaterial, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya dan Pusat Penelitian Bioteknologi menerima Perpanjangan Penetapan Pusat Unggulan Iptek.

LIPI juga meraih Sertifikat Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam, Pusat Penelitian Fisika dan Pusat Penelitian Kimia.

Tahun 2019 ini, Menristek/Kepala BRIN memberikan penghargaan Apresiasi Lembaga Litbang kepada 18 Lembaga Litbang Penerima Penetapan Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2019. Dengan penghargaan ini, Menristek  mendorong lembaga PUI untuk menjadi Science Techno Park (STP) dengan semakin melakukan inovasi dan melahirkan produk inovasi yang bisa meningkatkan daya saing. (iz/ed: fz)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 302