Satuan Kerja LIPI Terima Penghargaan Satuan Kerja Terbaik Pengelola SBSN

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Salah satu satuan kerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu Pusat Penelitian Kimia menerima penghargaan sebagai pengelola Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2019 dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan. Penghargaan tersebut diberikan pada Kamis (23/1). 

Pusat Penelitian Kimia memanfaatkan SBSN untuk pengembangan infrastruktur riset guna mendukung pengujian kimia. Infrastruktur riset tersebut difokuskan untuk mengkarakterisasi material pangan, material maju, polimer, organik, non-organik, dan gas.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan, pendanaan infrastruktur riset di LIPI sebagian besar bersumber dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) serta KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). "Penyediaan infrastruktur ini dilakukan dengan mengalihkan anggaran sebagian besar belanja barang ke belanja modal, sehingga diharapkan APBN LIPI menjadi lebih efisien dan memiliki nilai investasi jangka panjang bagi negara," ujarnya.

Menurut Handoko, apresiasi atas pengelolaan SBSN di LIPI tahun ini semakin memotivasi LIPI untuk bekerja keras membangun dan memanfaatkan infrastruktur riset secara optimal. "Terlebih seluruh infrastruktur riset di LIPI dibuka untuk seluruh kalangan dan telah menjadi platform terbuka untuk kolaborasi riset, termasuk pengembangan produk dengan industri," tutupnya. (fz) 
 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 599