130 Siswa SMA Ikuti Innovation Workshop di LIPI Jakarta

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Sebanyak 130 siswa SMA dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang pada Kamis-Jumat (16-17/6) lalu mengikuti kegiatan pelatihan bertajuk Innovation Workshop 2016 di Auditorium Utama LIPI Jakarta. Kegiatan pelatihan ini merupakan kerja sama antara LIPI dengan Intel Indonesia.
 
Yusuar, Kepala Bagian Bina Ilmiah Masyarakat, Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI mengungkapkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah mendorong daya kreatif dan inovasi teknologi di kalangan remaja guna meningkatkan daya saing Iptek Indonesia di ranah global. “Kami berupaya menstimulasi generasi muda agar berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna bagi publik,” katanya kepada rekan media di sela-sela acara, Jumat (17/6).
 
Dia menjelaskan, pelatihan itu membekali beragam materi bagi para siswa, seperti coding, making, dan robotics. Berbagai materi tersebut ditujukan untuk memberi gambaran kepada siswa agar mengenal teknologi informasi dalam aktivitas coding dan making dengan pendekatan kreatif. Setiap materi dipaparkan langsung oleh instruktur dari Intel Indonesia, Coding Indonesia, dan SmartLAB United States Agency for International Development (USAID).
 
Kepala Subbagian Bina Ilmiah Masyarakat, Bagian Bina Ilmiah Masyarakat BKHH LIPI, Indriyani menambahkan, pihaknya berharap ke depan pelatihan semacam ini dapat digelar secara kontinyu. “Sehingga, setiap langkah pembelajaran inovasi ke kalangan remaja bisa berjalan baik, dan setelahnya kita ikutkan berbagai kompetisi. Itu rencana jangka panjangnya,” tuturnya.
 
Dukungan Intel
 
Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia mengungkapkan, pihaknya selalu mendukung kegiatan yang mendorong generasi muda untuk berinovasi seperti pelatihan kali ini. “Intel sebagai perusahaan yang lekat dengan inovasi percaya bahwa teknologi merupakan faktor penting dalam inovasi dan membantu membuat pengalaman yang paling menakjubkan untuk masa depan,” ungkapnya seperti tertuang dalam keterangan tertulis kepada Humas LIPI.
 
Dengan demikian, lanjutnya, upaya mendorong daya kreatif dan inovasi khususnya para remaja patut didukung dan ditingkatkan. Harapannya adalah mereka (para remaja, red) mampu mendorong kemajuan teknologi  demi masa depan yang lebih baik.
 
Kepala Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menyambung, penyelenggaraan Innovation Workshop 2016 merupakan bentuk tanggung jawab LIPI selaku lembaga pemerintah dalam mendorong generasi muda agar lebih kreatif berinovasi. “Tanggung jawab tersebut bisa berhasil dengan baik tentu bukan karena LIPI semata, dan kami berusaha selalu menggandeng sektor swasta serta pihak terkait lain untuk turut mendukung dan berperan pula,” jelasnya.
 
Nur melanjutkan, pihaknya sudah cukup lama menjalin kerja sama dengan sektor swasta sebagai partner dalam membina dan mendorong minat generasi muda dalam Iptek dan inovasi. Dengan kerja sama tersebut, diharapkan dapat memunculkan inovator muda Indonesia yang nantinya menjadi motor kemajuan bangsa di masa depan. (pwd/ed: isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum dan Humas

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 1828