450 Pelajar dan Guru Pelajari Metodologi Penelitian dalam PIRN XV Bengkulu

 
 
Bengkulu, Humas LIPI. Sebanyak 450 orang yang terdiri 350 pelajar dan 100 guru dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XV di Bengkulu pada 24 – 31 Juli 2016. Kegiatan yang dibuka pada Senin (25/7) tersebut merupakan hasil kerja sama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.
 
Dalam kegiatan PIRN ini, para pelajar dan guru diajak untuk mempelajari dan mempraktikkan metodologi penelitian yang disampaikan oleh para peneliti LIPI. “PIRN memberikan gambaran aktivitas penelitian bagi para peserta dan juga mengajak mereka mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain dalam pembukaan PIRN XV.
 
Iskandar menjelaskan, perkemahan ilmiah remaja ini adalah kegiatan ilmiah yang mendidik para pesertanya untuk belajar dan praktik di lapangan terbuka dengan orientasi penelitian mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial, alam dan teknik (teknik rekayasa) untuk pelajar setingkat SMP dan SMA. “Penyelenggaraannya telah dimulai sejak 2001 silam,” sambungnya.
 
Dia melanjutkan, kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun dengan tempat penyelenggaraan yang berbeda-beda daerah. Antusiasme para pelajar dan guru untuk mengikuti PIRN terbilang cukup tinggi. Terbukti, tahun ini ada sekitar 1.200 orang yang  mendaftar untuk mengikuti PIRN dan yang diterima hanya sejumlah perserta saat ini.
 
Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti yang hadir membuka acara berharap kegiatan semacam ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian yang terkait dengan lingkungkan sekitarnya. “Semoga dengan PIRN sekarang mampu melahirkan bibit-bibit ilmuwan muda yang bisa mengharumkan nama bangsa,” tuturnya.
 
Tak hanya itu, dia pun berharap kegiatan PIRN membawa berkah bagi Bengkulu. Artinya, semoga setiap peserta dari 31 provinsi di Indonesia mau mempromosikan Bengkulu setelah kembali ke daerahnya masing-masing, harapnya.
 
Untuk memacu itu, Ridwan berjanji akan memberikan penghargaan kepada tiga guru dan enam pelajar terbaik yang mampu menuliskan pengalaman berkesannya selama di Bengkulu. "Tulisan terbaik nanti akan mendapatkan hadiah berupa jalan-jalan ke Eropa,” tutupnya.
 
Sebagai informasi, sejumlah kegiatan digelar dalam PIRN XV kali ini, seperti Sharing Moment dengan Public Figure, Science Show, pemberian materi metodologi penelitian dan penyusunan proposalnya, penelitian lapangan, penulisan laporan, dan presentasi laporan penelitian. Selain itu digelar pula diskusi ilmiah yang menghadirkan Anggora DPR RI Daerah Pemilihan Bengkulu Dewi Coryati. (dnh/ed:pwd)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 1529