93 Karya Ilmiah dan Inovasi dalam Kompetisi Ilmiah LIPI 2012

 
 
Budaya meneliti untuk menghasilkan inovasi yang berguna bagi bangsa perlu terus digalakkan. Salah satunya adalah dengan menggiatkan berbagai kompetisi ilmiah sebagai wadah berkarya bagi siswa, mahasiswa hingga guru. Berbagai karya inovasi lahir dari kompetisi tersebut, berkontribusi untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang berdampak menopang sistem perekonomian Indonesia. Karya-karya inovasi tersebut di antaranya lahir dari Kompetisi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan AJB Bumiputera 1912. Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-44, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-11 dan National Young Inventor Awards (NYIA) Ke-5 Tahun 2012 adalah rangkaian kompetisi ilmiah yang digelar di LIPI mulai 25 - 26 September 2012.

Jakarta, 24 September 2012. Salah satu peran utama LIPI adalah pengembangan kesadaran budaya meneliti bagi generasi muda dan guru. Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim mengungkapkan, serangkaian kompetisi ilmiah yang diselenggarakan saat ini adalah upaya membangkitkan budaya meneliti bagi kalangan remaja dan para pengajar (guru). Negara-negara yang maju di bidang Iptek, pembinaan penelitian dilaksanakan sedari dini dengan afiliasi melalui institusi penelitian dan pendidikan formal, ungkapnya. Hal ini tentu bermuara pada tujuan akhir agar Indonesia menjadi negara maju di kancah dunia.

Yusuar, SH, Kepala Bagian Peningkatan Kemampuan Ilmiah Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI menjelaskan bahwa tahun ini, LIPI menyelenggarakan 4 kompetisi ilmiah. Ada 93 karya ilmiah (individu maupun kelompok) yang menjadi finalis 4 kompetisi ilmiah tersebut. Sebanyak 28 karya ilmiah merupakan finalis LKIR Ke-44, 25 karya ilmiah menjadi finalis LKIG Ke-20, 15 karya ilmiah adalah finalis PPRI Ke-11, dan 25 karya ilmiah menjadi finalis NYIA Ke-5.

Untuk LKIR, ia melanjutkan, para finalis terbagi ke dalam 3 bidang, yakni Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) sebanyak 9 finalis karya ilmiah, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sejumlah 11 finalis karya ilmiah, serta Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa (IPTR) sejumlah 8 finalis karya ilmiah. Sedangkan, para finalis LKIG terbagi ke dalam 5 bidang, yaitu Sekolah Dasar (SD) sebanyak 5 karya ilmiah, SMP bidang IPSK sejumlah 5 karya ilmiah, SMP bidang Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (MIPATEK) sebanyak 5 karya ilmiah, SMA bidang IPSK sejumlah 5 karya ilmiah, serta SMA bidang MIPATEK sebanyak 5 karya ilmiah. Untuk para finalis PPRI terbagi ke dalam 3 bidang, yakni IPSK sebanyak 5 karya ilmiah, IPA sejumlah 5 karya ilmiah, serta Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) sebanyak 5 karya ilmiah. Sementara itu, para finalis NYIA tidak terbagi ke dalam bidang-bidang alias terkelompok menjadi satu.

Semua finalis kompetisi ilmiah ini akan mempresentasikan karyanya di depan dewan juri. Beberapa di antaranya, seperti Pelampung Anti Tsunami yang Dapat Disiapkan secara Massal dalam Waktu Kurang dari 5 Menit karya siswa SMPN 1 Bogor, Sepatu Anti Kekerasan Seksual karya siswa SMPN 1 Bogor, Enceng Gondok sebagai Alternatif Pengganti Bahan Bakar Fosil karya mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Pemanfaatan Ekstrak Bunga Kembang Sepatu Merah dalam Pembuatan Kertas Indikator Alamiah untuk Pendeteksian Awal Formalin pada Bahan Makanan karya siswa SMA Kristen Immanuel Pontianak Kalimantan Barat, serta Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Karakter Menggunakan Media Wedus Gembel karya guru Yayasan Al-Kausar SMP Internat Al-Kausar Sukabumi Jawa Barat. Para finalis dari keempat kompetisi ilmiah hasil kerja sama LIPI dengan AJB Bumiputera 1912 ini juga akan dipamerkan dalam acara Presentasi dan Pameran Ilmiah Para Finalis Kompetisi Ilmiah LIPI . Acara tersebut akan berlangsung pada Selasa, 25 September 2012 mulai pukul 09.00 WIB di Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta.

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri Pameran dan Presentasi Ilmiah Para Finalis Kompetisi Ilmiah LIPI pada Selasa, 25 September 2012 mulai pukul 09.00 WIB di Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta.

Sivitas Terkait : Yusuar

Diakses : 13304