Anak Anda Sulit Belajar Matematika Coba Alat Buatan Siswa SMK Ini

 
 
Jakarta. Inovasi para siswa SMK Negeri 1 Tengaran, Semarang, Jawa Tengah, ini cukup menarik. Mereka membuat aplikasi game khusus untuk anak supaya lebih bisa belajar matematika. Kok bisa

Nur Chabibur Rohim, Muhammad Asrori, dan Risang Yogardi membuat aplikasi bernama Jarimatika Game itu selama empat bulan. Mereka kemudian ikut ajang lomba inovasi yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga akhirnya mendapat Special Awards di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) Ke-12 di Thailand.

"Game Jarimatika ini berbasis mobile. Game ini bertemakan edukasi dan di dalam game ini mengenalkan metode berhitung dengan jari atau istilahnya jarimatika, " kata Chabib, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (6/7/2012).

Menurut dia, game ini hanya bisa diaplikasikan pada alat yang memiliki operating system Symbian atau ponsel yang mensupport program flash. Cara kerjanya sama seperti game pada umumnya, namun yang membedakan adalah konten dan tujuannya.

"Pada game Jarimatika ini terdapat karakter anak SD yang bernama Joko Tingkir. Terus di game ini ada soal-soal yang berkaitan dengan Jarimatika, " terangnya.

Siapa saja pengguna alat ini dan apa manfaatnya Chabib menjelaskan, anak-anak sekolah dasar bisa menggunakan alat ini mulai dari kelas satu sampai kelas tiga. Manfaatnya tentu saja sebagai alternatif media untuk belajar matematika yang menyenangkan.

"Untuk membantu anak-anak yang susah belajar dalam matematika, " imbuhnya.

"Game ini bisa dimainkan di mana pun dan kapan pun, " sambungnya.(mad/rmd)
Sumber : Detik.com (Sabtu, 7 Juli 2012)

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1307