Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) 2009

 
 

Malam Anugerah Kekayaaan Intelektual Luar Biasa baru saja digelar di Grand Hyatt Hotel Jakarta (02/10). Prof. Hermawan Sulistiyo dan Shahnaz Haque sebagai pemandu acara pada malam itu memanggil satu demi satu dan membacakan sinopsis karya dari 21 nama peraih anugerah kekayaan intelektual luar biasa 2009. Mereka adalah inovator dan inventor yang berprestasi luar biasa

Mereka telah membuktikan bahwa ilmu bukan sekedar untuk ilmu. Penelitian bukan sekedar untuk penelitian. Karya mereka disamping bernilai invensi, inovasi tinggi, tapi juga telah terbukti memberikan nilai tambah bagi lingkungan, industri, dan perekonomian nasional.

Berkat kerja keras dan kerja cerdas ini, anugerah yang mereka dapatkan berupa Surat Keputusan Menteri; Piagam Penghargaan; Trophy; dan uang sebesar Rp. 250 juta sebelum dikurangi pajak.

Ada empat kategori bidang yang diberikan dalam AKIL ini yaitu 1) Bidang Teknologi yang dilindungi Hak Paten; 2) Bidang Teknologi Pemulian dan Pengembangan Varietas Tanaman yang dilindungi Hak Perlindungan Variatas Tanaman, PVT; dan 3) Bidang Ilmu Pengetahuan: 4) Bidang Industri Kreatif yang masing-masing dilindungi Hak Cipta.

Malam itu merupakan malam kemenangan bagi para peneliti, dosen dan masyarakat yang selama ini telah mendedikasikan dirinya (waktu, fikiran dan tenaga) untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Dirjen Dikti, Prof. Dr. Fasli Jalal, mereka selama ini kesepian, jarang diapresiasi. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi dan motivasi kepada mereka agar terus berkarya dan menghasilkan penemuan baru untuk kemajuan bangsa.

Kegiatan ini bertujuan juga untuk mendorong dosen, peneliti dan masyarakat untuk menghasilkan dan menghargai karya intelektual, dan menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan daya saing nasional, tegas Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo dalam kata sambutannya pada malam penganugerahan ini.

21 nama yang terpilih memiliki profil yang cukup bervariasi, dari sisi gender terdapat 4 wanita dan 17 pria, umur dari 37 hingga 74 tahun, pendidikan dari D-3 hingga S-3 dan pekerjaan meliputi wiraswasta, karyawan swasta, pegawai negeri, peneliti, dosen hingga pensiunan.

Program ini terselenggara berkat kerjasama yang baik antara Departemen Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti, DP2M); Kementerian Negera Riset dan Teknologi (Deputi Pendayagunaan dan Pemasyarakat IPTEK: AD-DSI); Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual: Ditjen Paten); 4) Departemen Perdagangan (Sekretariat jenderal Departemen: PPVT) dan dukungan dari Departemen/kementerian anggota Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran hak kekayaan Intelektual (Tim Nas PPHKI).

Mereka yang telah mengukir prestasi sebagai peraih anugerah kekayaan intelektual luar biasa.

  1. Bidang Teknologi yang dilindungi Paten
      1) Syahrul. sub bidang Energi dengan hasil karya Pipa Saluran Gas dan Kepala Burner yang Dikonstruksi Khusus untuk Meningkatkan Efisiensi Kompor Gas LPG; 2) Dr. Dyah Iswantini, M.Agr. sub bidang Kesehatan dengan hasil karya Formula Ekstrak Gabungan Apium Graveolens dan Sida Rhombifolia L. Sebagai Bahan Fitofarmaka untuk Penyakit Gout: Inhibitor Xantin Oksidase; 3) Naresworo Nugroho. Sub Bidang Konstruksi dengan hasil karya Mesin Pemilah Kayu Konstruksi; 4) H.M. Solichin. sub bidang Lingkungan dengan hasil karya Aplikasi Asap Cair Dalam Pengolahan Karet Alam; 5) Dr. Ir. Khaswar Syamsu, MSc. Sub bidang Material Baru dengan hasil karya Proses Pembuatan Bioplastik dari Polihidroksi Alkanoat dengan Fermentasi Ralstonia Eutropha pada Hidrolisat Minyak Sawit; 6) Dr.Bambang Prajog E.W.,MS.,Apt. sub bidang Obat dengan hasil karya Suatu Sediaan Daun Justicia Gendarussa Burm.F Sebagai Bahan Kontrasepsi Pria; 7) Ir. Ali Zum Mashar, M.A, MSi, ID. sub bidang Pangan dengan hasil karya Proses Pembuatan Pupuk Bioperforasi dan Proses Yang Diperoleh Dari Proses Tersebut; 8) Mimi Suratmi Pradja M. sub bidang Pangan dengan hasil karya Telur Matang Berkalsium Tinggi dan Rendah Kolesterol; 9) Dr. Warsito, M.ENG. sub bidang dengan hasil karya Teknologi Informasi dan Komunikasi 3D And Real‐Time Electrical Capacitance Volume‐Tomography : Sensor Design And Image Reconstruction

  2. Bidang Varietas Tanaman yang dilindungi Hak PVT
      1) Dr. Aan A. Daradjat. sub bidang Tanaman Padi dengan hasil karya Varietas unggul tanaman padi; 2) Dr. Ir. Budi Marwoto. sub bidang Tanaman Hias dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Krisan, Lili, dan Anyelir; 3) Dr. Ir. H. Sudjindro, MS sub bidang Tanaman Perkebunan dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Kenaf; 4) Dr. Ir. Srijani Sujiprihati, MS Tanaman Sayuran dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Cabe dan Pepaya; 5) Ir. Nurul Hidayati. sub bidang Tanaman Sayuran dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Tomat, dan Terong; 6) Prof.Ir.H. Achmad Baihaki,MSc.Ph.D. sub bidang Tanaman Serealia Dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Kedelai dan Jagung; 7) Dr. Abdul Razak Purba sub bidang Tanaman Perkebunan dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Kelapa Sawit; 8) Dr. Ir. Darman Moudar Arsyad,MS sub bidang Tanaman Serealia dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Kedelai; 9) Ir. Asep Harpenas sub bidang Tanaman Sayuran dengan hasil karya Varietas unggul tanaman Cabe.

  3. Bidang Ilmu Pengetahuan
      1) Laksana Tri Handoko. sub bidang Komputer.Teori Fisika Partikel; 2) Terry Mart sub bidang Fisika atau Astronomi dengan penelitian produksi partikel aneh pada Nukleon, Produksi Nuklir-Hiper, Materi Bintang Netron dan Ekonofisika; 3) Arif Satria sub bidang Politik, Sosiologi dan/atau Antropologi dengan penelitian Kajian Ekologi-Politik Untuk Pesisir Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan anugerah ini baru pertama kalinya diadakan. semoga terus berlanjut.

Irwandi
Situs Dikti (5 Oktober 2009)

Diakses : 1155