Assement Jabatan Administrasi untuk Memetakan Kompetensi SDM

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, menyebut LIPI akan segera melakukan penyederhanaan struktural dengan mengilangkan eselon 3 dan eselon 4 yang akan dilakukan penyetaraan jabatan fungsional. Handoko ingin agar seluruh SDM LIPI dapat memanfaatkan inpasing sebaik-baiknya dengan cara meningkatkan kompetensi yang dimiliki. “Harus dicoba untuk diupayakan, dan buktikan bahwa anda berkompetensi di jabatan fungsional tersebut,” ujar Handoko pada rapat Assesment Jabatan Administrasi LIPI pada Selasa (3/12).

Sekretaris utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menjelaskan  Assesment Jabatan Administrasi ini ditujukan untuk memetakan kompetensi masing-masing SDM eselon 3 dan eselon 4 untuk mendapatkan jabatan fungsional sesuai dengan minat dan kecenderungan. “Dari situ akan diketahui Jabatan Fungsional yang cocok untuk masing-masing SDM. Hal ini diharapkan dapat meratakan jumlah fungsional yang ada sehingga beban kerja dapat terbagi dengan efektif,” ujar Nur.

Dirinya,  memaparkan bahwa asssement jabatan administrasi dibutuhkan untuk kepentingan data nasional sesuai arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Setiap instansi harus memiliki manajemen talenta yang merupakan bagian dari sistem merit,” tutup Nur. (sr/ed: fz)
 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.