Badan Ekonomi Kreatif Gandeng LIPI untuk Penelitian dan Pengembangan Industri Kreatif

 
 
Jakarta-Humas LIPI. Badan Ekonomi Kreatif dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sepakat untuk bekerjasama dalam pengembangan industri kreatif dan pemasyarakatan iptek, serta kegiatan lainnya yang terkait. Kesepakatan itu tertuang dalam naskah kerjasama yang ditandatangani oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain di Jakarta pada Kamis (21/1) lalu.

LIPI mempunyai pusat-pusat penelitian yang dapat mendukung kebutuhan riset dan misi Badan Ekonomi Kreatif dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, jelas Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain. Harapan tersebut disambut positif oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif , Triawan Munaf. Sebagai badan yang baru lahir, Badan Ekonomi Kreatif membutuhkan kerja sama dengan LIPI dan instansi-instansi lain agar tugas dan fungsi Bekraf dapat berjalan sesuai yang diharapkan , ungkapnya.

Ruang lingkup dalam kerjasama berdurasi lima tahun ini adalah riset, penelitian, dan pengembangan iptek untuk mendukung ekonomi kreatif serta pemasyarakatan iptek bersama; pendidikan dan pelatihan di bidang ekonomi kreatif; pertukaran informasi, publikasi dan hasil-hasil penelitian, serta tenaga ahli; kegiatan diseminasi, sosialisasi, seminar, workshop, konferensi, pameran, baik nasional maupun internasional; dan kegiatan lain yang disepakati.

Badan Ekonomi Kreatif sendiri dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 6 Tahun 2015. Secara struktural Badan Ekonomi Kreatif berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dengan tugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif. (isr, sob/ed: fza)


Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain
Diakses : 1727