Bangun Kawasan Indonesia Timur, LIPI Dirikan Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park

 
 
(Tual Humas LIPI). Komitmen Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk membangun kawasan timur Indonesia ditandai dengan diresmikannya Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park oleh Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, di Tual, Maluku Tenggara, Maluku pada Selasa (16/6) lalu.

Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Konservasi Biota Laut Tual memiliki aktivitas utama diantaranya inkubasi teknologi dan bisnis, pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, serta penyediaan akses pada lembaga keuangan, perizinan, sertifikasi, serta paten. Keberhasilan Techno Park ditentukan oleh akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, serta komunitas setempat. Oleh karena itu saya berharap unsur-unsur tadi mampu berkomunikasi, menjalin kerja sama yang sinergis, ujar Iskandar.

Kegiatan Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park akan ditekankan pada pengembangan pangan alternatif antara lain budidaya ketela pohon serta peningkatan mutu produk pangan lokal Embal, yakni makanan tradisional Maluku Tenggara yang terbuat dari tepung singkong. Sedangkan dalam pengembangan perikanan meliputi budidaya dan pengolahan rumput laut dan serta teknologi pasca panen produk olahan hasil laut.

Inisiasi pembangunan Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park diharapkan dapat menyelaraskan hasil penelitian dan pengembangan yang disesuaikan dengan produk unggulan daerah, kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah, jelas Bupati Maluku Tenggara, Ir. Anderias Rentanubun.

Dirinya juga memerintahkan kepada seluruh jajaran terkait untuk langsung mensinkronkan kebijakan di instansi masing-masing untuk mendukung keberlanjutan Maluku Tenggara Agro Marine Techno Park. Sebagai informasi, LIPI mendapat amanat untuk membangun satu Science Technopark di Cibinong Sceince Center, Cibinong, Jawa Barat dan serta tujuh Technopark di daerah, diantaranya Maninjau, Sumatera Barat; Banyumulek, Nusa Tenggara Barat; serta Enrekang di Sulawesi Selatan. Setiap technopark yang dibangun LIPI mempunyai ciri khas dan spesialisasi tergantung kondisi geografis dan daya dukung daerah setempat. (rds/ed: fza)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 2389