Bekerja Cerdas adalah Kunci Penting Penelitian

 
 
(Jakarta Humas LIPI). Sepak terjang para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentu saja tidak perlu diragukan lagi, baik pada ranah nasional maupun internasional. Salah satu contohnya adalah sosok Dr. Nurul Taufiqu Rochman. Apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada peneliti lulusan Kagoshima University Jepang tersebut.

Tilik saja, peneliti yang satu ini baru saja memperoleh anugerah Habibie Award 2014 pada akhir Agustus lalu dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Nurul merupakan penerima ke-7 penghargaan itu.

Habibie Award diberikan kepada pelaku teknologi yang berjasa, berprestasi, dan berdedikasi kepada bangsa dan negara Indonesia dalam inovasi dan berkreasi untuk menghasilkan karya nyata teknologi di bidangnya masing-masing.

Peneliti yang saat ini menjabat sebagai Kepala Inovasi LIPI ini pun bersyukur atas raihan penghargaan tersebut. Ia mengungkapkan, penghargaan itu semakin mendorong dirinya untuk lebih giat lagi dalam menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Pada dasarnya, hasil penelitian di Indonesia sudah cukup ter-track record. Namun, peneliti harus lebih kreatif lagi untuk menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan, tandasnya.

Bekerja Cerdas

Ia menggarisbawahi bahwa bekerja cerdas, tekun dan semangat merupakan kunci penting dan utama dalam penelitian agar menghasilkan sesuatu yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya itu, dukungan kebijakan pemerintah dan lingkungan yang terintegrasi dengan baik juga merupakan hal penting dalam pengembangan inovasi teknologi, tegasnya.

Dengan pencapaian yang telah diraihnya, Nurul sangat mendorong para peneliti untuk bisa melanjutkan estafet riset dengan hasil yang aplikatif bagi kepentingan masyarakat.

Dikatakan pria berkaca mata itu bahwa mindset peneliti hanya untuk penelitian harus segera diubah. Ide yang dimiliki harus dituangkan ke dalam sesuatu yang berwujud, bisa dihitung, dinilai, divalidasi dan dievaluasi untuk kepentingan masyarakat.

Sebagai informasi, karir Nurul sendiri dalam bidang penelitian terbilang cermelang. Ia telah mempublikasikan 15 paten yang beberapa diantaranya telah digunakan oleh perusahaan Jepang dan perusahaan Indonesia.

Peneliti LIPI ini berhasil menyelesaikan studi S1, S2 dan S3-nya di Kagoshima University Jepang dan juga menjadi peneliti muda terbaik LIPI pada tahun 2004. (ms,sb/pw)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Nurul Taufiqu Rochman

Diakses : 2464