Benarkah Harimau Jawa Sudah Punah

 
 
Bisnis.com, JAKARTA Pada 1980-an, Harimau Jawa telah dinyatakan sebagai spesies yang telah punah, meski disangkal lewat kesaksian penduduk sekitar hutan mengatakan bahwa jenis macan ini masih sering terlihat di sekitar Taman Nasional Meru Betiri (TMNB).

Kepunahan spesies Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) adalah indikator kegagalan manusia dalam mengelola lingkungan hidup dan isinya secara harmonis, kata Rosichon Ubaidillah, Kepala Museum Zoologicum Bogorinese (MZB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam siaran pers, Kamis (20/3/2014).

Dia mengatakan bahwa perlu ada solusi untuk mengatasi kepunahan spesies lain yang terancam punah. Oleh karena itu pihaknya berinisiatif mengadakan temu pakar dan diskusi tiap bulan untuk membahas persoalan ini.

Rosichon menilai diskusi semacam ini sangat penting untuk memperkenalkan biodiversitas, khususnya fauna Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan mempertemukan peneliti. Lalu, demi penyebarluasan informasi tentang fauna Indonesia dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.
Sumber : Bisnis.com, 20 Maret 2014

Sivitas Terkait : Rosichon Ubaidillah

Diakses : 3619