Bikin Bra Penampung ASI, Siswa SMA 6 Yogyakarta Dapat Rp 8 Juta

 
 
Kabar gembira datang dari kalangan pelajar Indonesia. Ada seorang siswa dari SMAN 6 Yogyakarta yang berhasil menciptakan bra khusus penampung dan pensteril ASI. Salut!

Siswa tersebut juara I dalam ajang National Young Inventor Award (NYIA) yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Atas prestasinya, dia diganjar hadiah Rp 8 juta dan medali, serta tiket ke lomba sejenis tingkat ASEAN di Malaysia pada tahun 2013 mendatang.

Menurut salah seorang juri, Handoko, karya siswa tersebut dipilih karena paling orisinil, unik, dan fungsional. Idenya berasal dari sang ibunda yang kerap mengalami kebocoran ASI saat bekerja.

Jadi dia mengkombinasikan karet lateks, lalu ditaruh di bra dan dihubungkan dengan selang. Ada juga lapisan alumunium foil, ujar Handoko saat berbincang dengan detikcom, Kamis (27/9/2012).

Jadi alat itu menampung susu yang keluar berlebih dan mensterilkannya di suhu yang sesuai, sambungnya.

Selain karya di atas, ada sejumlah karya lain yang dipamerkan dalam pameran penemu LIPI pada 25 September lalu, di antaranya Pelampung anti tsunami yang dapat disiapkan massal waktu kurang dari 5 menit karya siswa SMPN 1 Bogor dan Sepatu Anti kekerasan seksual karya siswa SMPN 1 Bogor.

Tidak hanya itu, ada 36 karya ilmiah dan guru yang mendapat penghargaan LIPI dan Bumiputera. Mereka terbagi dalam empat kategori yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-44, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-11 dan National Young Inventor Awards (NYIA) Ke-5.

Yusuar, SH, Kepala Bagian Peningkatan Kemampuan Ilmiah BKPI-LIPI mengungkapkan, setiap kompetisi menghasilkan tiga juara, yakni Juara I, II dan III untuk masing-masing bidang. Hadiah untuk tiga kompetisi (LKIR, LKIG serta PPRI) berupa piala dan uang tunai Juara I sebesar Rp 12 juta, Juara II Rp 10 juta dan Juara III Rp 8 juta.

Berikut daftar para juaranya:

Juara I LKIR bidang IPSK adalah Tingkat Keberhasilan Kartu Terumbu Karang terhadap Meningkatnya Pengetahuan tentang Ekosistem Terumbu Karang (SMA Tarsisius 1, Jakarta), bidang IPA yakni Magic Telang Paper Test : Pemanfaatan Ekstrak Citorea Ternatea (Bunga Telang) Berpigmen Antosianin Sebagai Bahan Indikator Penguji Zat Formalin Dan Boraks Dalam Makanan (SMAN 63 Jakarta), bidang IPTR adalah Pengaruh Variasi Jumlah Lapisan dan Orientasi Sudut Anyaman Bambu Komposit sebagai Alternatif Bahan Sungkup Helm Kendaraan Bermotor Roda Dua (SMA Santa Laurensia Serpong).

Juara I LKIG tingkat SD adalah Peningkatan Kemampuan Membaca dan Membuat Denah melalui Media Block Card pada Siswa Tunanetra Kelas I SD di SLB N Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 (SLBN Semarang), tingkat SMP bidang IPSK adalah Penggunaan Kardus dan Bangku Panjang sebagai Media Pembelajaran Melalui Penerapan Metode Inklusi dalam Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 4 Balikpapan (SMP Negeri 14 Balikpapan), tingkat SMP bidang MIPATEK yakni Penggunaan Media Pagertormaku dengan Metode TAI Teknik Cocacola untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pemfaktoran Persamaan Kuadrat Kelas VIII.B SMPN 2 Karangkobar (SMP Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara), tingkat SMA bidang IPSK adalah Pembelajaran Al-Qur an dengan Multimedia Interaktif Melalui Strategi PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik elas XI IPA 2 SMAN 1 Karangrengah Demak Tahun Pelajaran 2012/2013 (SMAN 1 Karangtengah, Demak), tingkat SMA bidang MIPATEK adalah KIT-Elektrolit Tester sebagai Model Moving Lab. untuk Menyajikan Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit secara Efektif dan Efisien di Kelas X SMA Negeri 1 Ponorogo (SMA Negeri 1 Ponorogo).

Juara I PPRI bidang IPSK adalah Diskriminasi Pelayanan Publik di Rumah Sakit S (Universitas Gadjah Mada), bidang IPA yaitu Penggunaan Ekstrak Daun Sirih Hijau dalam Desain Ag Nanopartikel (Universitas Gadjah Mada), bidang IPT adalah Teknik Ekstraksi Zat Antikanker Buah Leunca (S. nigrum) dengan Fluida Superkritis Karbondioksida untuk Produk Kosmetika sebagai Aditif Tabir Surya Alami (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya).
Sumber : Solopos.com (Kamis, 27 September 2012)

Diakses : 1950