Bra Penampung ASI Jadi Juara Kompetisi LIPI

 
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Empat kompetisi ilmiah yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan AJB Bumiputera berakhir dengan pengumuman pemenang pada Rabu (26/9/2012) semalam.

Kompetisi ilmiah yang digelar adalah Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) ke 20, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke 11, National Young Inventors Awards ke 5 dan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke 44.

Inovasi berupa Bra Penampung dan Pensteril ASI memenangkan Juara I NYIA. Inovasi dibuat oleh Devika Asmi Pandanwangi, siswi SMA Negeri 6 Yogyakarta. Bra ini bisa menjadi solusi masalah yang dialami ibu menyusui.

Bra Penampung dan Pensteril ASI terdiri dari cup penampung berbahan silikon, selang dan penampung ASI. Bra ini membantu koleksi ASI yang sering menetes sehingga tak terbuang percuma.

Dalam lomba PPRI bidang ilmu sosial dan kemanusiaan, juara pertamanya adalah riset mahasiswa Universitas Gadjah Mada berjudul "Diskriminasi Pelayanan Publik di Rumah Sakit S ".

UGM juga meraih juara I dalam PPRI bidang IPA dengan riset penggunaan ekstrak daun sirih hijau dalam desain Ag Nanopartikel ". Sementara, riset "Teknik Ekstraksi Zat Antikanker Buah Leunca (S. nigram) dengan Fluida Superkritis Karbondioksida untuk Produk Kosmetika sebagai Tabir Surya Alami " oleh mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala menjadi juara I di bidang ilmu teknik.

Lomba LKIG terbagi menjadi tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Masing-masing level dibagi lagi menjadi bidang sosial dan kemanusiaan serta bidang matematika, pengetahuan alam dan teknologi.

Riset "Penggunaan Media Pagertormaku dengan Metode TAI Teknik Cocacola untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pemfaktoran Persamaan Kuadrat Kelas VIII B SMPN 2 Karangkobar " menjadi juara LKIG bidang IPA tingkat SMP.

Dalam Lomba LKIR, riset yang menjadi juara I antara lain "Tingkat Keberhasilan Kartu Terumbu Karang terhadap Meningkatnya Pengetahuan tentang Ekosistem Terumbu Karang ". Riset itu menjadi juara dalam bidang sosial dan kemanusiaan.

Pememang I, II dan III dalam LKIG, LKIR dan PPRI meraih hadiah masing-masing Rp 12 juta, Rp 10 juta dan Rp 8 juta dan piala. Sementara pemenang NYIA masing-masing meraih hadiah Rp 8 juta, Rp 6 juta dan Rp 4 juta dan piala.
Sumber : Kompas.com (Kamis, 27 September 2012)

Diakses : 1951