Bulan Depan, LIPI Gelar Pertemuan Akbar Peneliti

 
 
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Konferensi Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) ke-XI dari 8 hingga 9 Oktober 2015. Kegiatan ini yang akan dilaksanakan di LIPI ini akan menjadi tempat bertemunya peneliti dan ilmuwan Indonesia.

Penyelenggaraan KIPNAS ke-XI ini digagas menjadi wadah bagi para ilmuwan untuk terus memacu perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air sekaligus mendorong kontribusi ilmu pengetahuan terhadap pemecahan masalah bangsa, ujar Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain di Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9).

Menurut Iskandar, waktu penyelenggaraan dan rekomendasi hasil pelaksanaan KIPNAS ke-XI menjadi penting. Hal ini karena pemerintah dengan program NAWACITA-nya sedang mengawali kegiatan selama periode 2014 hingga 2019.

Iskandar menerangkan, KIPNAS kali ini mengambil tema Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera. Kegiatan ini juga, kata dia, akan memposisikan kembali KIPNAS sebagai wadah penguatan ilmu pengetahuan di Indonesia. Sehingga dia berharap KIPNAS XI akan menghasilkan luaran yang fokus dan strategis.

Menurut Iskandar, kegiatan KIPNAS ini akan memuat proses penyelenggaraan dan naskah-naskah pemikiran terkait kemajuan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, KIPNAS XI juga akan menghasilkan dokumen yang memuat kebijakan ilmu pengetahuan dan konsep Indonesia yang sejahtera berbasis ilmu pengetahuan. Dengan demikian, ia berharap hasilnya bisa disampaikan pada pemerintah.

Bersamaan dengan penyelenggaraan KIPNAS, LIPI juga akan menyelenggarakan Indonesia Science Expo (ISE) 2015. Kegiatan ini akan berlangsung lebih lama hingga 11 Oktober. Acara empat tahunan ini kelak akan menampilkan hasil-hasil riset LIPI, kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi, serta industri lainnya. Bahkan, ini juga mengadakan talk show, Science Show, Ekspose Produk Riset Unggulan LIPI dan Temu Bisnis.
Sumber : Republika.co.id, 18 September 2015

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 957