Burak-burak, Pakan Ternak Berkualitas

 
 

Selain kaya dengan Hasil alam, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel ternyata menyimpan potensi lain, berupa keanekaragaman jenis rumput pakan ternak.

Dari survei dan penelitian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan HST dan lembaga pengkajian LIPI pusat, 14 macam rumput ditemukan diwilayah HST.

Namun belum ada kepastian semua rumput berkualitas bagi ternak. " Ada 14 macam rumput di HST, sedang diteliti kandungannya ke LIPI, " kata Kasubdin peternakan, Ir. Pathoni Zulkarnain beberapa waktu lalu.

Diantara rumput yang menjadi bahan penelitian LIPI pusat tersebut, lanjut Pathoni salah satunya adalah rumput jenis Burak- Burak (bahasa adat setempat).

Dimana pada rumput ini dianalisa sementara mengandung unsur mikro kimiawi Mangan (Mn), salah satu unsur yang jika dikonsumsi sapi, khususnya akan mempercepat birahi dan super ovulasi.

Jenis rumput burak-burak tersebut banyak dijumpai di daerah persawahan arah rawa, seperti di Sungai Rangas, Pandawan, Semanggi, Pajukungan, Haruyan dan Andang. "Namun tumbuhan ini sangat jarang tumbuh dipegunungan, " katanya.

Ciri khas lainnya, batang dan daunnya kecil-kecil atau tidak terlalu besar, dengan ketinggian normal 500 Cm (0,5 m). musim kemarau adalah musim tumbuh yang bagus untuk tumbuhan rumput jenis ini.

Sementara itu, rumput jenis Burak tersebut meskipun dalam tahap penelitian, dipastikan jika sapi mengonsumsi rumput jenis ini pertumbuhannya akan semakin cepat, bahkan disinyalir bisa menjadi pakan untuk menghasilkan keturunan kembar.

Sumber : Banjarmasin Post (3 Januari 2009)

Diakses : 615