Bus Listrik LIPI Diujicoba Keliling Malioboro

 
 
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Bus Listrik yang dikembangkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kementrian Riset dan Teknologi (Ristek) melakukan ujicoba di Yogyakarta.

Ujicoba tersebut diluncurkan secara resmi oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (20/5). Menristek, Sultan dan Wali Kota bahkan sempat mencoba bus listrik tersebut dengan rute Taman Pintar memutar Malioboro.

Haryadi Suyuti mengatakan, bangga Yogyakarta ditunjuk sebagai kota untuk ujicoba bus listrik. Meningkatnya kendaraan bermotor menyumbang polusi yang luar biasa dan menjadi penyebab pemanasan global. "Karenanya dibutuhkan rekayasa teknologi yang bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, " ujarnya.

Bus ini menjadi salah satu alternatif angkutan yang tidak menggunakan BBM tersebut. Dimana ke depan BBM akan menjadi barang langka sehingga rekayasa teknologi bagi angkutan massal sangat dibutuhkan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, bus listrik ujicoba Kemenristek ini merupakan riset partisipatoris karena melibatkan masyarakat. Bus listrik kata Sultan memiliki keunggulan, tidak bising seperti mesin disel dan hemat bahan bakar karena konsumsi listrik sesuai gerak kendaraan.

"Bus ini merupakan kerangka bagian mobil nasional yang sudah ada prototype. Karenanya ujicoba ini bisa memberikan feedback bagi pengembangannya. Ujicoba sengaja di Tamanpintar dan tanggal 20 Mei sebagai titik tolak kebangkitan teknologi, " ujarnya.

Diakuinya, transportasi memang menjadi masalah krusial di Yogyakata. Setiap bulan kata Sultan, 200-300 unit mobil dan 600 sepeda motor bertambah. "Karenanya ujicoba ini diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut, " katanya.

Sementara itu, Menristek Gusti Muhammad Hatta mengatakan, melalui ujicoba tersebut pihaknya akan mencatat setiap kendala dan permasalahan baru yang dihadapi bus tersebut. Setelah perbaikan tersebut kata Hatta, pihaknya baru akan menyerahkan bus listrik LIPI ini ke pihak industri untuk diperbanyak.

"Saya gembira kita putuskan DIY sebagai ujicoba. Ini nasib DIY selalu mencetak sejarah, apalagi DIY banyak ikonnnya. Sekarang bertambah ikonnya yaitu daerah pertama ujicoba bus listrik, " katanya.

Reporter : yulianingsih Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : republika.co.id

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1372