Bus Listrik LIPI Mulai Layani Warga Yogya

 
 

Bus listrik buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mulai hari ini akan beroperasi mengangkut penumpang di Yogyakarta.

"Bus listrik tersebut akan diuji coba sekaligus diluncurkan sebagai transportasi umum di Yogyakarta oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 20 Mei 2013 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, " demikian bunyi siaran pers dari Kementerian Riset dan Teknologi yang diterima detikOto.

Kemenristek dengan Pemkot Yogyakarta akan menandatangani nota kesepakatan soal pengoperasian bus listrik ini.

LIPI sudah mengembangkan mobil listrik sejak tahun 1994 dan tahun 2011 atas dukungan dari Kementerian Riset dan Teknologi mengembangkan prototype bus listrik yang diharapkan dapat menjadi angkutan massal pada masa yang akan datang.

Bus listrik LIPI yg menggunakan tenaga baterai dan berkapasitas 12 orang tersebut akan melayani wisatawan yang ingin berkeliling di seputar kawasan keraton dan alun-alun DIY.

Tempat pengisian (Charging Point) daya baterai bus Listrik akan ditempatkan di Taman Pintar yang sekaligus menjadi tempat penjemputan penumpang bus.

Pengembangan mobil hybrid dan mobil listrik merupakan gagasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjadi tuan rumah Climate Change Conferention di Bali pada 2007.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan perlunya percepatan pengembangan mobil ramah lingkungan untuk mengurangi beban subsidi bahan bakar minyak (BBM).
Sumber : detikOto, 20/05/2013

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1459