Cari Jalan Keluar Persoalan Papua, Komisi I Minta Pandangan LIPI

 
 
Senayan Komisi I DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan peneliti masalah Papua di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Adriana Elizabeth dan Muridan Widjojo pada Selasa (21/5) ini. Komisi I memandang penting menyikapi isu-isu Papua guna mencari jalan keluar dari persoalan yang terjadi selama ini.

Kita mengharapkan pandangan dan hasil kajian dari dua pengamat LIPI ini untuk dapat memberikan gambaran dan masukan yang konstruktif, guna pemecahan masalah Papua ini, ujar Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita saat memimpin rapat.

Kata Agus Gumiwang, hasil pandangan dari LIPI ini tentu akan menjadi hal yang menarik. Ini akan menjadi bahan rapat Komisi I dengan pemerintah pada Kamis (24/5) mendatang, dalam membahas persoalan-persoalan yang menyangkut Papua.

Dalam paparannya, Adriana menyampaikan, sebenarnya dunia internasional banyak yang tidak mendukung aktifitas dan kegiatan kelompok OPM (Organisasi Papua Merdeka). Kalau pun ada yang simpati, itu bersifat perorangan dan LSM. Bukan mewakili secara sesungguhnya dari sebuah kebijakan negara tertentu, paparnya.

Dia juga melihat, sejuah ini pemerintah pusat belum memberi respon terhadap masyarakat Papua untuk menggelar dilaog guna menjawab persoalan yang ada. Saya melihat, kenapa pemerintah cenderung tidak memenuhi permintaan dialog dari masyarakat Papua, karena pemerintah pusat kawatir, ujung dari dialog itu adalah referendum, katanya.
Sumber : kabarbaru.com

Sivitas Terkait : Adriana Elisabeth

Diakses : 1983