DPR RI dan LIPI Tekankan Inovasi untuk Pembangunan Daerah

 
 
Malang, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang menyelenggarakan kegiatan Diseminasi “ Pemanfaatan dan Penerapan Iptek untuk Daerah” pada Minggu (22/4) lalu di desa Sidoluhur, kecamatan Lawang, kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekitar 200 peserta yang terdiri dari anggota Gabungan Kelompok Tani dan perwakilan dinas terkait di kabupaten Malang mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik hayati hasil riset dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.  “Kami berharap petani Sidoluhur dapat menerapkan pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber dari LIPI, agar ke depannya dapat membudidayakan sumber daya alam secara baik dan berkesinambungan,” kata Kepala Pusat Inovasi LIPI, Nurul Taufiqurochman.
 
Dalam kesempatan tersebut, LIPI memberikan instalasi pembuatan pupuk berkapasitas 200 liter kepada para petani setempat agar mereka mampu memproduksi sendiri atau dijual sebagai tambahan pendapatan mereka. “Kami juga membagikan 1000 bibit durian dan 1000 bibit alpukat untuk ditanam petani,” sambung Nurul.
 
Wakil Bupati Malang, Hadiono mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh LIPI. “Kami masih terus mengembangkan potensi yang ada di kabupaten Malang. Kehadiran teknologi LIPI diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kami,” paparnya.
 
Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Hisjam mengungkapkan DPR dan LIPI ingin selalu mendekatkan diri pada masyarakat.”Kami mempunyai perhatian yang sama tentang pengembangan potensi sumber daya alam pada tiap-tiap daerah. Dengan inovasi teknologi, potensi di Kabupaten Malang sangat beragam dan bisa dikembangkan  untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ,” ujarnya. (abm/ ed: fza) 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng.