Delegasi 17 Negara Kepulauan dan Pulau Kunjungi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Puluhan orang delegasi negara-negara kepulauan dan pulau dari berbagai belahan dunia mengunjungi Pusat PenelitianOseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI) pada Selasa (21/11), di Kantor P2O LIPI, Ancol Timur, Jakarta. Para delegasi ini berasal dari 17 negara, antara lain Seychelles, Filipina, Saint Kitts and Nevis,  Bahrain, Papua Nugini, Inggris, Mauritius, Guine-Bissau, New Zealand, Comoros, Cyprus, Madagaskar, Singapura, Fiji, Antigua & Barbuda, Jepang, dan Kuba.
 
Kunjungan para delegasi pejabat tinggi tersebut untuk melihat kemampuan LIPI dalam berbagai keahlian terkait proses restorasi terumbu karang dan penguatan ketahanan masyarakat pesisir menghadapi dampak perubahan iklim. “Diharapkan pula, kunjungan ke P2O LIPI mampu memberikan gambaran bagaimana riset kelautan yang ada di Indonesia, khususnya terkait terumbu karang dan lainnya kepada para delegasi,” kata Dirhamsyah, Kepala P2O LIPI.
 
Dalam kesempatan kunjungan ini, Dirhamsyah memberikan paparan sekilas terkait kelembagaan dan sumber daya yang dimiliki oleh P2O LIPI. Selepasnya, dia bersama dengan sejumlah sivitas P2O LIPI mengajak para delegasi berkunjung ke laboratorium dan sarana prasarana lainnya.
 
Untuk diketahui, kunjungan para delegasi tersebut merupakan bagian dari inisiatifIndonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim yang akan membentuk forum negara kepulauan dan pulau (Archipelagic and Island States Forum/AIS) untuk mengatasi masalah kelautan. Pembentukan Forum AIS dimaksudkan untuk menyamakan persepsi tentang isu-isu kelautan antar negara-negara kepulauan dan pulau.
 
Selain menjadi wadah saling bertukar pengalaman, forum tersebut dibentuk untuk membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak, mendorong kerja sama bisnis, dan solusi pembiayaan bagi proyek-proyek penanganan efek perubahan iklim dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Inisiatif pembentukan Forum AIS mendapat dukungan penuh dari United Nations Development Program (UNDP). (pwd/ed: dig)

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Dirhamsyah M.A.