Dengan Detektor Telur Busuk Wismu Sabet Emas

 
 
JAKARTA Indonesia miliki generasi masa depan cemerlang. 7 anak bangsa dari sejumlah sekolah mencatatkan prestasi membanggakan yang mengharumkan nama Indonesia di dunia pendidikan dan teknologi dunia.

Menurut Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK (BPKI) LIPI Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono, prestasi yang diraih Indonesia dalam ajang internasional ini tentu sangat membanggakan. Seluruh mendali diperoleh dari seluruh kategori yang dilombakan.

Dari enam kategori yang diperlombakan, anak Indonesia berhasil menyumbang medali semua. Sangat membanggakan, ujar Bogie, Minggu (12/5). Tujuh remaja Indonesia ini meraih 3 medali emas dan 2 perak dalam kejuaraan lomba karya ilmiah remaja dalam ajang International Exhibition of Young Investors (IEYI) di Malaysia.

Medali emas diperoleh Wismu dari SMA Taruna Nusantara Magelang dengan karyanya Detektor Telor Busuk. Sementara Nurina Zahra Rahmati bersama Tri Ayu, dan Elizabeth Widya dari SMAN 6 Yogyakarta, berhasil mendapat emas dengan melahirkan karya penyaring sampah, dan terakhir Hibar Syahrul Gafur dari SMPN1 Bogor, pembuat sepatu anti kekerasan seksual.

Lalu dua remaja lain yang memenangkan medali perak adalah Devija Asmi Pandangi dari SMAN 6 Yogyakarta, yang melahirkan karya Bra Penampung Asi. Dan Safira Dwi Tyas Putri dari Sampoerna Academy Kampus Bogor, yang menciptakan karya Canting Batik Otomatis.

Editor Fenty Wardhany
Sumber : Harian Terbit - Minggu, 12 Mei 2013

Diakses : 1495