Diseminasi dan Pembinaan Ilmiah LIPI Sasar Kabupaten Temanggung

 
 
Temanggung, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) secara konsisten berupaya menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pembinaan ilmiah ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satu wilayah yang disasar LIPI adalah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
 
Di kabupaten ini, LIPI menyosialisasikan kompetisi ilmiah dan pembinaan ilmiah bagi siswa dan guru SMP-SMA. Sosialisasi ini adalah hasil kerja sama LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung, yang juga merupakan calon tuan rumah pelaksanaan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) pada tahun 2020.
 
Sosialisasi ini diadakan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung pada Selasa (17/4/2018). Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bappeda Temanggung, Bambang Dewantoro.
 
Bambang menyambut positif kegiatan LIPI di wilayahnya. Dia berharap masyarakat Temanggung dapat memperoleh informasi mengenai kegiatan kompetisi dan pembinaan ilmiah masyarakat melalui sosialisasi LIPI.
 
Kepala Bagian Hukum - Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Srining Widati, menuturkan bahwa sosialisasi kompetisi dan pembinaan illmiah LIPI kali ini mengajak para siswa SMP dan SMA di Kabupaten Temanggung untuk turut berpartisipasi aktif di kegiatan kompetisi dan pembinaan ilmiah LIPI. “Pada tahun ini, kami akan menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), PIRN di Banyuwangi, dan National Young Inventors Award (NYIA), sehingga diharapkan ada siswa yang berasal dari Kabupaten Temanggung yang dapat berpartisipasi dan sukses menjadi pemenang,” katanya.
 
Sementara itu, kegiatan sosialisasi kompetisi dan pembinaan ilmiah ini diikuti sekitar 50 siswa. Dalam sosialisasi juga turut hadir beberapa pejabat satuan perangkat kerja daerah (SKPD). Kegiatan tersebut adalah kelanjutan dari pelaksanaan acara Diseminasi Iptek LIPI dengan Tema “Pemanfaatan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Untuk Daerah” pada tanggal 22 Maret 2018.



Kegiatan diseminasi ipek LIPI di Temanggung sendiri menghadirkan sekitar 100 petani untuk mendapatkan pelatihan pembuatan pupuk organik, pembibitan tanaman buah dan pengolahan pasca panen buah.
 
Kepala Bidang Inkubasi dan Alih Teknologi Pusat Inovasi LIPI, Sasa Sofyan Munawar, menuturkan bahwa kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Dalam kegiatan ini, LIPI juga membagikan 4.000 bibit pohon durian dan kopi serta 110 Kg pupuk organik hayati kepada para peserta diseminasi. (akb,ris/ed: pwd)

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Srining Widati S.H., M.H.