Ditemukan, Satu Spesies Burung Baru

 
 

Satu spesies burung baru asli Indonesia kembali ditemukan. Burung tersebut berasal dari Kepulauan Togian, Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, yang dinamakan burung Kacamata Togian atau Zosterops Somadikartai. Penemuan spesies baru dan telaah ilmiah ini telah dipublikasikan dalam edisi Wilson Journal of Ornitology, yang merupakan jurnal ornitologi terkemuka di Amerika Serikat, Maret 2008 lalu, jelas Prof Sumadikarta, pada acara release penemuan burung baru dan peluncuran buku daftar burung Indonesia nomor 2, di Cibinong, Jumat (14/3).

Burung Kacamata Togian telah diperkenalkan bagi ilmu pengetahuan sejak ditemukan pertama kali 12 tahun lalu oleh Indrawan dan Sunarto, peneliti lapangan dari Universitas Indonesia. Burung Kacamata merupakan kumpulan spesies yang bertubuh kecil, berwarna kehijauan dan umumnya memiliki lingkar mata berwarna putih. Dalam berperilaku, sangat aktif bergerak dalam kelompok-kelompok kecil. Burung Kacamata Togian berbeda dengan spesies kacamata lainnya, karena tidak memiliki lingkaran putih di sekitar mata, ungkap Sumadikarta. Mata spesies Kacamata Togian berwarna kemerahan dan warna parunya lebih kemerahan dibandingkan dengan yang lain.

Indonesia memiliki berbagai spesies burung Kacamata. Di Sulawesi dan pulau-pulau sekelilingnya terdapat tidak kurang dari sepuluh spesies dan subspesies. Bahkan, menurut peneliti luar negeri, sebenarnya terdapat 15 jenis burung Kacamata di Indonesia.

Menurut Dr Adi Basukriadi, dosen Fakultas MIPA Universitas Indonesia, penemuan spesies baru itu akan mendorong upaya yang lebih besar bagi pengembangan faksonomi. Direktur Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Dedy Darnaedi, juga menyatakan penghargaan setinggi-tingginya atas penemuan tersebut. (sulung prasetyo)

Sumber : Sinar Harapan (14 Maret 2008)

Diakses : 341