Dua Tim SMA 1 Lolos 8 dan 15 Besar Karya Ilmiah LIPI

 
 
BULUKUMBA,BB Tak hentinya pelajar asal Butta Panrita Lopi memberikan kabar prestasi di tingkat nasional.

Kali ini dua tim asal SMA Negeri 1 Bulukumba, Sulsel lolos 15 Besar lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kedua Tim Tersebut adalah Rifaldy Fajar dan Humairah Nurul Izzah Rusli yang meneliti soal Paradigma Remaja di Kabupaten Bulukumba Terkait dengan Narkoba (Kajian Mengenai Study Wawasan Remaja Tentang Narkoba dan Upaya Pencegahannya).

Kemudian peneliti muda Inayatul Asisah dan Nur Amaliah mengangkat tema Penerapan Tallasa Kamase-Mase dan Pemberlakuan Hukum Adat Sebagai Upaya Pelestarian Air di Tana Toa Kajang .

Inayatul Asisah dan Nur Amaliah lolos 15 besar Bidang IPSK Umum. Sementara Rifaldy Fajar dan Humairah Nurul Izzah Rusli berhasil menjadi 8 Besar Bidang IPSK Kependudukan.

Mereka berhasil mengalahkan 900-an peserta yang tersebar di seluruh Indonesia. Humairah Nurul Izzah Rusli menjelaskan bahwa penelitian sosial yang mereka lakukan memang tergolong penelitian dasar.

Tapi dari situ bagaimana kami mengembangkan poin-poin penting agar karya tulis ini menjadi benar-benar layak, katanya.

Penelitian terbaik akan dilombakan pada ajang tingkat internasional, ISEF di Amerika Serikat bidang Sosial.

Meskipun kami berempat adalah anak XI IPA 1, tapi kami lebih menyukai penelitian IPSK tetapi penelitian IPA dan Tekhnologi juga sudah banyak kami hasilkan, tambah Rifaldy Fajar kepada BeritaBulukumba.com Selasa 2 Juli 2013.

Selamat berjuang para peneliti muda Bulukumba, semoga dapat meraih peringkat tertinggi di Indonesia maupun di tingkat dunia.
Sumber : Berita Bulukumba, 2 Juli 2013

Diakses : 1320