Eceng Gondok Membantu Benahi Ekosistem Sungai

 
 
SLEMAN (KRjogja.com) - Walau sebagian orang menilai enceng gondok sebagai tumbuhan parasit, namun tanaman ini ternyata mampu berperan dalam memperbaiki ekosistem air sungai. Akarnya yang panjang menjulir ke bawah dapat menyaring kotoran-kotorang yang terbawa pada arus bawah sungai sehingga nantinya kualitas air dapat sedikit lebih bersih.

"Tanaman eceng gondok dan rumput yang ternyata sangat berkontribusi dalam memperbaiki kualitas air, " ungkapnya Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Dr Iskandar Zulkarnain di Sleman, Senin (10/11/2014).

Penggunaan tanaman eceng gondok untuk memperbaiki kualitas air sungai tidak memerlukan biaya yang mahal. Selain itu, penggunaan tanaman tersebut sangat ramah lingkungan dan membuat ekosistem menjadi seimbang.

Saat ini sungai di kota-kota besar Indonesia termasuk Yogyakarta memiliki kualitas yang tidak baik. LIPI akan terus melakukan kajian dan kerjasama dengan pemerintah daerah di berbagai wilayah Indonesia. Harapannya, daerah bisa mendukung dan mengimplementasikannya agar sumber daya air bisa lebih baik, " jelasnya. (-33)
Sumber : KRJogja.com

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 1944