Gregorius dan Harum ke i-ENVEX

 
 

Dua mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mewakili Indonesia dalam event penelitian internasional 3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012 , 27-29 April di Malaysia. Mereka berhasil menyisihkan empat finalis dan ratusan peserta Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2011 yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama AJB Bumiputera, Oktober lalu.

Dua mahasiswa Undip ini adalah Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha dari Teknik Kimia. Mereka melakukan penelitian berjudul Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik berbasis Teknologi Ramah Lingkungan . Penelitian yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini diterapkan pada masyarakat di Meteseh, Tembalang, dalam acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip.

Pembantu Rektor Kemahasiswaan Undip Warsito mengatakan, dengan prestasi itu kedua mahasiswa Teknik Kimia ini diberi kesempatan LIPI untuk mewakili Indonesia di event internasional i-ENVEX 2012. Saya berharap prestasi ini bisa memberi inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa secara keseluruhan, agar bisa mengikuti jejak mereka. Banyaknya peluang kompetisi ataupun hibah penelitian mendorong Undip sebagai universitas riset di 2020, katanya.(J9-37)
Sumber : Suara Merdeka, 28 April 2012

Diakses : 1433