Hari Ini Menristek-Sultan Akan Keliling Malioboro Uji Coba Bus Listrik LIPI

 
 
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -Bus listrik hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan diuji coba di Yogyakarta hari ini, Senin (20/5/2013). Dijadwalkan, Menristek Muhammad Hatta akan menghadiri acara yang dipusatkan di Taman Pintar mulai pukul 10.00.

Bus berkapasitas 15 penumpang ini akan beroperasi selama tiga bulan mendatang dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkeliling kota. Rute uji coba selama tiga bulan ini adalah Taman Pintar, Malioboro, Alun Alun, Taman Sari, Ngabean dan Pasar Ngasem.

Sedangkan untuk uji coba hari pertama, bus akan menempuh rute Taman Pintar-Jalan Suryotomo-Jalan Mataram-Jalan Abu Bakar Ali-Malioboro dan kembali di Taman Pintar. Dilanjutkan, dengan penjelasan teknis dari Menristek dan peneliti LIPI kepada masyarakat.

"Pak Menteri, Gubernur DIY dan Wali Kota Yogyakarta akan turut serta dalam uji coba ini, " kata Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Iswanto, Minggu (19/5/2013).

Pemda DIY sebelumnya telah menerima pemaparan mengenai bus listrik dari LIPI pada Oktober 2012. Setelah seluruh riset dirampungkan dilanjutkan dengan kesepakatan mengoperasikan selama tiga bulan bus dengan warna dominan hitam merah ini.

Beberapa aspek teknis pendukung uji coba bus pun telah dibahas bersama awal pekan lalu. Seperti surat tanda coba kendaraan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DIY, Tjipto Haribowo menyatakan LIPI memercayakan Yogyakarta sebagai tempat uji coba kendaraan riset ini. Hasil uji coba kemudian digunakan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan sarana transportasi umum.

Sumber energi bus listrik ini berasal dari baterai lithium 100 cell untuk menghasilkan daya listrik 320 volt DC. Sehingga dapat melaju dengan kecepatan maksimal 90 kilometer per jam. (hdy)
Sumber : tribunnews.com

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1880