Helm berpopok dilirik perusahaan besar

 
 

Salah satu karya siswa SMP di Surabaya dalam lomba yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dilirik perusahaan besar. Linus Nara Pradhana, siswa SMP Petra Surabaya membuat inovasi Water Coated Helmet atau helm dengan lapisan popok, mampu menyedot perhatian juri dan mendapat medali emas di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono menerangkan, karya Nara dianggap terbaik karena sederhana dan mudah diaplikasikan. Sehingga tak heran, sebuah perusahaan besar pun melirik karya itu untuk dijadikan produk missal.

Selain Nara, ada sejumlah pelajar lain yang mendapat penghargaan di ajang International Exhibition for Young Inventors Ke-12 di Thailand tersebut. Mereka antara lain Hermawan Maulana dan Zihramna Afdi siswa kelas 2 SMA Negeri 3 Semarang dengan karya Carbofil Application for Carbon-Oxygen Separation in Smoking Room. Kedua siswa menciptakan alat yang mengubah asap rokok menjadi oksigen.
Sumber : Solo Pos FM, 8 Juli 2012

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1213