Ikut Kompetisi ISEF, Bukti Generasi Muda Bisa Bersaing di Era Global

 
 

Lima siswa berprestasi akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2013 ke Arizona, Amerika Serikat (AS). Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam rangka menyiapkan generasi muda agar siap bersaing di era global.

Demikian disampaikan Director of Public Affairs Intel Indonesia, Deva Rachman. "Generasi muda harus diberikan wadah. Berawal dari Intel ISEF, mereka nantinya dapat memikirkan jalan keluar terhadap permasalahan dengan basis ilmu pengetahuan dan teknologi, " kata Deva dalam Konferensi Media Intel Education Day 2013 di Gedung A lantai 3, Ruang Auditorium Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, kemarin.

Dia menjelaskan, Indonesia akan memasuki periode bonus demografi dengan jumlah anak usia produktif lebih besar dari pada orangtua. Momentum ini harus pula ditandai dengan munculnya anak-anak muda dengan karya terbaik mereka.

"Kalau sejak sekarang mereka sudah berkolaborasi dalam forum-forum ilmiah, ke depannya hubungan mereka dengan dunia luar akan semakin baik. Sehingga terbangun hubungan yang saling menguntungkan, " paparnya.

Maka, forum Intel ISEF menjadi bagian dari upaya menyiapkan tenaga terampil di Indonesia, sehingga memang harus diberikan dukungan untuk itu. "Pada 2030, secara ekonomi, Indonesia akan menjadi kekuatan nomor tujuh di dunia dan untuk itu akan membutuhkan sebanyak 113 juta tenaga kerja terampil, " imbuh Deva. (mrg)
Sumber : Okezone, 8 Mei 2013

Diakses : 1191