Inilah Alien Yang Menginvasi Pulau Jawa

 
 

Ini sudah bukan hoax lagi, jika alien sudah menginvasi pulau jawa, bahkan si penginvasi sudah menguasai banyak pohon di Pulau Jawa. Namanya adalah Calotes versicolor, atau biasa juga disebut oriental garden lizard, eastern garden lizard, atau changeable lizard.

Alien di sini memang bukan seperti yang ada dalam gambaran orang kebanyakan. Alien bagi dunia pengetahuan fauna adalah sebutan bagi spesies asing yang tiba-tiba ada di satu daerah yang bukan wilayah atau asalnya. Dan apabila sudah semakin banyak jumlahnya, bahkan sampai menghilangkan species asli wilayah itu, maka sang ‘alien’ ini sudah bisa disebut dalam tahap menginvasi.

Dan itulah yang terjadi pada kasus si Calotes versicolor ini. Sebelum tahun 2000-an, banyak dan mungkin hanya ada di Pulau Sumatera. Hanya beberapa saja ditemukan di Pulau Jawa. Tetapi belakangan, sangat banyak terlihat di Pulau Jawa, setidaknya itu yang dirasakan Awal Riyanto, salah seorang peneliti LIPI, Bogor.

Calotes versiolor sudah mendominasi pohon-pohon di komplek kantor LIPI Cibinong. Memang belum ada penelitian yang khusus di Indonesia, tentang invasi si Calotes versicolor ini, tetapi setidaknya Bunglon hijau, yang tadinya menjadi penghuni asli di sana, sudah tidak terlihat lagi. Dan diduga sudah terusir dengan masuknya eastern garden lizard di sana.

Secara perilaku, si Calotes versicolor memang lebih agresif jika dibandingkan dengan bunglon hijau, selain juga sifat teritorialnya yang menyebabkannya berkuasa atas pohon yang ditempatinya. Penyebarannya ini diduga terbawa oleh para pedagang reptil peliharaan, yang secara sengaja atau tidak sengaja melepas si kadal ini ke alam.


Seperti bunglon, Calotes versicolor memiliki kemampuan merubah warna tubuhnya, tergantung pada suhu atau mood, selain juga untuk menarik perhatian betina. Walaupun dalam penyebutan bahasa Inggrisnya kadal, tetapi Calotes versicolor di dalam ilmu pengetahuan fauna, masuk ke dalam golongan bunglon. dan termasuk pemakan serangga.

Untuk yang jantan secara umum, tubuhnya mempunyai warna seperti tanah, yaitu berwarna coklat muda, tetapi Calotes versiolor juga dapat mengubahnya menjadi merah terang, hitam, atau campuran dari keduanya. Perubahan ini kadang-kadang terbatas pada kepala saja, walaupun di lain waktu juga dapat menyebar ke seluruh tubuh dan ekor.


Yang betina bertelur dari lima hingga enam belas telur, yang berbentuk oval lunak, dan mempunyai panjang sekitar 5/8 inci , yang diletakannya di bawah pohon, atau di lubang di dalam tanah yang telah mereka gali, dan setelah itu menutupinya. Anakan kadal calotes akan muncul ke permukaan tanah, sekitar delapan atau sembilan minggu setelah dikubur di dalam tanah.

Selama musim kawin, kepala dan bahu jantan berubah menjadi oranye terang ke merah dan tenggorokannya menjadi hitam. jantan juga berubah menjadi merah setelah pertempuran yang sukses dengan saingannya. Baik jantan maupun betina memiliki lambang dari kepala hingga hampir ekor, maka nama umum mereka lainnya Crested Tree Lizard.


Sumber : mongabay.co.id 20 Mei 2018

Sivitas Terkait : Yani Ruhyani
Diakses : 1435