Inovasi LIPI Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018

 
 
Surabaya, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru-baru ini menerima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi lewat inovasi INTIP DAQU (Information Tracer of Intellectual Property and Document Accountability Inquiry). Inovasi aplikasi INTIP DAQU terpilih dari 2.824 proposal yang masuk di Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada Malam Penganugerahan di Shangri-La Hotel, Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 19 September 2018 kemarin.
 
Dalam sambutannya, Menteri PANRB, Syafruddin, menekankan pentingnya suatu inovasi pelayanan publik yang mudah, berbiaya ringan, dan tidak berbelit-belit. “Kuncinya ada di pelaksanaan pelayanan publik di sector pemerintah’, ujarnya. Syafruddin juga menyampaikan bahwa kompetisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB diharapkan dapat mendorong transfer pengetahuan antar instansi dan sekaligus mendorong potensi lokal menjadi nasional bahkan internasional.
 
Terkait dengan inovasi INTIP DAQU sendiri, Kepala LIPI, laksana Tri Handoko, menyampaikan rasa bangganya. “Menjadi salah satu penerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 ini adalah sangat membanggakan bagi LIPI. Apalagi ini adalah kali pertama bagi LIPI. Ke depannya LIPI akan terus berusaha dengan inovasi-inovasi baru lainnya, yang pastinya harus lebih baik lagi”, tegas Handoko.
 
Sebagai inovator, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Inovasi LIPI, Ragil Yoga Edi, menambahkan bahwa inovasi akan terus dikembangkan dan diperkaya fitur-fiturnya agar semakin bisa dimanfaatkan baik secara nasional maupun internasional. “Saat ini kami mulai bekerjasama dengan Korea dan jejaring sentra-sentra HKI. Target kita adalah agar platform ini (INTIP DAQU) bisa menjadi pemersatu sentra-sentra HKI”, pungkasnya (dig)
 
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Ragil Yoga Edi S.H., LLM.