Jabatan Fungsional sebagai Jalur Pematangan Kompetensi

 
 

Jakarta, Humas LIPI. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Laksana Tri Handoko menekankan pentingnya jabatan fungsional sebagai jalur pematangan kompetensi. “Jabatan fungsional adalah jalur karir yang harus ditempuh oleh sebagai proses untuk pematangan kompetensi bagi PNS,” jelasnya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Fungsional pada Kamis (1/8) di Jakarta.

Dirinya menjelaskan, setiap PNS LIPI memiliki kompetensi fungsional tertentu. "Alih jabatan tidak masalah jika memang untuk peningkatan mitu SDM. Bila perlu mutasi antar instansi dapat dilakukan," ujar Handoko.

Pada kesempatan tersebut Handoko menekankan bahwa keberadaan pejabat fungsional merupakan bagian penting dari LIPI yang seharusnya diperbanyak. “Pejabat fungsional adalah inti dari pelaksana tugas dan fungsi LIPI. Sebagai lembaga pelaksana teknis, LIPI harus kaya akan fungsi dan tidak banyak struktur,” ujarnya.

Handoko juga meminta agar dinamika perkembangan iptek sebagai implementasi UU Sisnas Iptek  disikapi dengan perubahan pola kerja untuk meningkatkan kompetensi. “PNS yang berkompeten berarti siap menghadapi perubahan apapun,” tutupnya. (sr/ed: fz)
 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 437