Jakarta harus adil pada lingkungan

 
 
Bogor (ANTARA News) - Kota Jakarta harus adil terhadap lingkungan agar tetap layak sebagai ibu kota negara, kata pakar kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Jan Sopaheluwakan di Bogor, Kamis.

Dalam acara lokakarya ilmiah mengenai pengembangan perkotaan di Gedung Konservasi Bogor, Jan Sopaheluwakan mengatakan bahwa terlepas dari tidak layaknya tata ruang, Jakarta sebenarnya masih layak untuk menjadi ibu kota negara. Namun ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi Jakarta, di antaranya mengenai keadilan terhadap lingkungan dan sosial.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi pemerintah dan warga Jakarta adalah pemenuhan kebutuhan pangan, air, energi, adanya konstruksi sosial dan ekonomi yang sehat, serta pembenahan tata ruang.

"Saat ini Jakarta punya banyak fungsi, sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis dan lainnya, " katanya Jan yang juga Direktur Center for Interdiciplinary and Advanced Research (ICIAR) LIPI.

Karena banyaknya fungsi tersebut, maka seringkali muncul perdebatan apakah ibukota negara perlu dipindahkan, ataukah bisa tetap di Jakarta. Menurut Jan, Jakarta masih bisa mengemban fungsi tersebut asalkan terus melakukan pembenahan dengan memperhatikan faktor-faktor yang dipersyaratkan.

Terkait lingkungan, salah satu masalah kota Jakarta yang paling menonjol adalah menurunnya permukaan tanah yang cukup signifikan. Masalah tersebut, menurut Jan, dapat berpotensi lebih buruk, yang dapat menenggelamkan ibu kota negara ini.

Lokakarya yang diselenggarakan ICIAR-LIPI dan United Nations University (UNU) tersebut dihadiri oleh sejumlah pakar dari LIPI, UNU dan kalangan pendidikan.

Permasalahan-permasalahan dan solusi pada kota-kota lainnya di dunia juga dibahas oleh para pakar dari luar negeri dalam lokakarya tersebut. Di antaranya perwakilan dari UN-HABITAT yang memaparkan permasalah di kota-kota pesisir negara-negara Asia Tenggara yang pertumbuhannya juga sangat pesat seperti Jakarta.(ANT)
Sumber : ANTARA (Kamis, 12 Juli 2012)

Sivitas Terkait : Jan Sopaheluwakan

Diakses : 1215