Jasa Ilmiah Jadi Jembatan LIPI ke Masyarakat

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Sebagai lembaga ilmu pengetahuan terdepan di Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya memberi kontribusi nyata. Salah satunya melalui jasa dan layanan ilmiah seperti jasa analisis dan pengujian, bimbingan teknis, serta informasi ilmiah yang dikoordinasi oleh Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI. “Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah diharapkan menjadi penjembatan antara satuan kerja LIPI  dengan masyarakat.  Hal ini diperlukan agar hasil litbang LIPI mampu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional,” ujar Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto di pelantikan pimpinan tinggi madya, administrator, pengawas, dan jabatan fungsional di lingkungan LIPI di Jakarta pada Senin (20/11) lalu. 

Dalam pelantikan tersebut, Bambang melantik pejabat Deputi Bidang Jasa Ilmiah, 40 pejabat Administrator dan Pengawas, dan tiga Pejabat Ahli Peneliti Utama.

Selain itu juga dilantik sepuluh orang Ahli Peneliti Pertama dan Ahli Peneliti Muda yang baru pertama kali menduduki jabatan fungsional. “Pergantian pejabat struktural merupakan bagian dari proses regenerasi dan penyegaran, serta pembinaan bagi para pejabat struktural dan fungsional di lingkungan LIPI,” tutupnya

Kepada pejabat baru yang dilantik, Bambang mengingatkan misi LIPI yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis LIPI 2015 – 2019. “Salah satu misi LIPI adalah menciptakan invensi ilmu pengetahuan yang dapat mendorong inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi bangsa,” ungkapnya. 

Menurut Bambang, terobosan-terobosan strategis untuk meningkatkan pelayanan jasa ilmiah LIPI diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan yang tumbuh di masyarakat. “Saya meminta agar melakukan penataan-penataan dalam rangka mengoptimalkan sumber daya yang ada,” jelasnya. 

Dirinya juga mendorong pengembangan jejaring stakeholder LIPI secara lebih luas agar hasil penelitian LIPI dapat membantu tumbuhnya aktivitas pemberdayaan ekonomi dalam negeri dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (fza/ed: dig) 


Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 2030