Juara LKIR LIPI 2011 Terima Beasiswa Unggulan Kemendikbud

 
 
(Jakarta, 27 Juni 2012-Humas BKPI LIPI) Muhammad Lutfi Nurfakhri, siswa SMAN 1 Bogor pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja 2011 yang diselenggarakan LIPI pada Rabu (27/6) lalu menerima Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang diserahterimakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Dr. Hamid Muhammad di Jakarta.

Lutfi berhasil meraih penghargaan jenis Grand Awards di bidang engineering electrical and mechanical lewat Sensor Optik Pengukuran Efisiensi Pemakaian Pupuk Nitrogen pada Tanaman Padi pada ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) di David L. Lawrence Convention Center, Pittsburgh, Amerika Serikat pada 14 Mei 2012 lalu.

Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) sendiri merupakan kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Intel. Berlangsung setiap tahun dan menginjak tahun ke-63 pada tahun ini. Pada kompetisi kali ini tercatat 1.545 finalis dari 68 negara yang ikut serta. Mereka adalah para juara dari berbagai kompetisi lokal di beberapa negara dan kawasan.

Selain Lutfi, Indonesia juga diwakili oleh Eva Fazriyah Haryono dan Marwah Zairah dari SMAN 1 Malimping, Banten dan Aulia Azka Januartika, Anas Mufid Nurrochman, dan Amelia Nugrahaningrum dari SMAN 1 Yogyakarta. Didampingi oleh Kepala Bagian Humas yang mewakili Kepala Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan Iptek LIPI, enam orang siswa beprestasi tadi kemudian berkesempatan untuk memaparkan hasil penelitiannya dihadapan jajaran pejabat Kemendikbud, Intel Director South East Asia Mr. Uday Marthy, Chief Representative Intel Indonesia Mr. Santhos Viswanathan, serta para jurnalis media cetak dan elektoronik.

Pihak Intel merasa bangga dapat membawa remaja Indonesia mendapat perhatian di dunia sains internasional dan berharap prestasi tersebut dapat lebih ditingkatkan.
Sumber : Humas BKPI-LIPI

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1725