Juarai Penemu Muda Nasional (NYIA) 2012 : Bra Penampung dan Pensteril ASI Karya Siswa SMA

 
 

Empat kompetisi ilmiah tahun ini yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berakhir. Sebanyak 12 karya ilmiah terpilih menjadi juara pertama pada masing-masing kategori (bidang) yang diumumkan di Auditorium LIPI, Jakarta, Rabu (26/9/12) malam.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh PRLM di Jakarta, Kamis (27/9/12), salah satu di antara juara pertama itu adalah pada kategori National Young Inventors Award (NYIA) ke-5 2012, yaitu karya yang dibuat oleh Devika Asmi Pandanwangi (siswi SMA Negeri 6 Yogyakarta) dengan judul Bra Penampung dan Pensteril ASI .

Juara kedua adalah Wisnu (SMA Taruna Nusantara) dengan judul Detektor Telur Busuk dan juara ketiga adalah Safira Dwi Tyas Putri (Sampoerna Academy Kampus Bogor) dengan judul Canting Batik Otomatis .

Pemenang NYIA rencananaya akan dikirim ke ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang dijadwalkan berlangsung di Malaysia pada 2013.

Selain NYIA, tiga kompetisi ilmiah LIPI lainnya adalah Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-44, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) ke-20, dan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-11.

Juara pertama LKIR bidang IPSK adalah "Tingkat Keberhasilan Kartu Terumbu Karang terhadap Meningkatnya Pengetahuan tentang Ekosistem Terumbu Karang " (SMA Tarsisius 1, Jakarta). Pada bidang IPA, yakni "Magic Telang Paper Test : Pemanfaatan Ekstrak Citorea Ternatea (Bunga Telang) Berpigmen Antosianin Sebagai Bahan Indikator Penguji Zat Formalin dan Boraks dalam Makanan " (SMAN 63 Jakarta), dan pada bidang IPTR adalah "Pengaruh Variasi Jumlah Lapisan dan Orientasi Sudut Anyaman Bambu Komposit sebagai Alternatif Bahan Sungkup Helm Kendaraan Bermotor Roda Dua " (SMA Santa Laurensia Serpong).

Juara pertama LKIG tingkat SD dari SLBN Semarang. Kemudian, pada tingkat SMP bidang IPSK dari SMP Negeri 14 Balikpapan, dan pada tingkat SMP bidang Mipatek SMP Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara. Pada tingkat SMA bidang IPSK juara pertama dari SMAN 1 Karangtengah Demak, dan pada tingkat SMA bidang Mipatek dari SMA Negeri 1 Ponorogo.

Selanjutnya, juara pertama PPRI bidang IPSK adalah dari Universitas Gadjah Mada. Pun, pada bidang IPA juara pertamanya dari Universitas Gadjah Mada. Sedangkan, pada bidang IPT juara pertamanya adalah dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Kepala Bagian Peningkatan Kemampuan Ilmiah BKPI LIPI Yusuar mengungkapkan, pada kompetisi ilmiah LIPI ini dihasilkan tiga juara, yakni Juara I, II dan III untuk masing-masing bidang. Sehingga, jumlah total juara (I, II, dan III) sebanyak 36 karya ilmiah. (A-94/A-88)
Sumber : Pikiran Rakyat, 27/09/2012

Diakses : 1893