KBRI Hanoi Ajak LIPI Kenalkan Potensi Indonesia di Vietnam

 
 
Hanoi, Humas LIPI. Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam, Ibnu Hadi mengajak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk ikut mengenalkan potensi Indonesia kepada masyarakat Vietnam. “Kami siap membantu kerjasama antara LIPI dengan instansi terkait di Vietnam, mohon untuk dapat diinformasikan potensi-potensi kerjasama yang siap dijajaki,” jelasnya saat menerima kunjungan delegasi LIPI yang dipimpin oleh peneliti Pusat Penelitian Perkembangan Iptek LIPI, Dudi Hidayat  di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi, Vietnam pada Selasa (10/5) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Ibnu Hadi secara khusus meminta LIPI mengirimkan hasil-hasil riset LIPI untuk dialihbahasakan ke bahasa Vietnam.
 
Duta Besar Ibnu Hadi merupakan Duta Besar  Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RepubIik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam sejak 24 Februari 2016 lalu. Selain menerima kunjungan delegasi LIPI,  Duta Besar Ibnu Hadi juga mengunjungi booth LIPI di ASEAN-European Union Science, Technology, and Innovation Days 2016 Hanoi.
 
Dalam ajang pertemuan para peneliti, ilmuwan, pembuat kebijakan, perusahaan, dan pemangku kepentingan lainnya dari negara-negara ASEAN dan Uni Eropa yang diinisiasi oleh SEA-EU-NET tersebut, LIPI menampilkan Radar Pengawas Pantai ISRA dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI; produk kosmetik ekstrak bahan alami dan plastik ramah lingkungan dari Pusat Penelitian Kimia LIPI; juga hasil-hasil kegiatan inkubator teknologi dari Pusat Inovasi LIPI.
 
Hubungan diplomatik dengan Vietnam telah berjalan menginjak usia 60 tahun, tepatnya sejak tanggal 30 Desember 1955 dan terus meningkat. Hal ini salah satunya ditandai dengan kesepakatan para pemimpin kedua negara untuk menjalin Kemitraan Strategis pada tahun 2013, yang menjadikan Vietnam sebagai satu-satunya Mitra Strategis Indonesia di kawasan ASEAN. Kedua negara juga telah menandatangani Rencana Aksi Periode 2014-2018 yang salah satu isinya adalah mewujudkan angka perdagangan bilateral sebesar US$10 miliar pada tahun 2018.
 
Untuk lingkup LIPI, kerjasama dengan Vietnam telah berlangsung sejak tahun 2012 melalui Vietnam Academy of Social Science. Bidang yang menjadi fokus kerjasama adalah ilmu pengetahuan sosial  dengan cakupan kegiatan meliputi pertukaran peneliti dan tenaga ahli, riset bersama, serta penyelenggaraan workshop dan seminar. Selain itu, Pusat Penelitian Sumber Daya Regional LIPI telah melakukan kerjasama sebagai counterpart  dengan University of Social Sciences and Humanities, Vietnam National University Hanoi untuk kajian diaspora dan agrikultural pada tahun 2014 hingga 2015. (fza/ed: isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas

Sivitas Terkait : Ir. Dudi Hidayat M.Sc.
Diakses : 1723