Kebun Raya Cibodas LIPI Diharapkan Perkuat Peran dalam Pembelajaran Lingkungan

 
 


Kabupaten Cianjur, Humas LIPI. Kebun Raya Cibodas, yang bernama lengkap Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), genap berusia 166 tahun pada 11 April 2018 lalu. Seiring pertambahan usianya, kebun raya ini diharapkan semakin memperkuat perannya dalam pembelajaran lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
 
Pembelajaran lingkungan dapat ditunjukkan Kebun Raya Cibodas dengan beragam kegiatan. Tilik saja, salah satunya adalah kebun raya tersebut menggelar edukasi dan lomba menggambar bagi generasi muda bertema “Generasi Hebat, Generasi Peduli Lingkungan” yang berlangsung pada Rabu (11/4/2018) sebagai penanda kelahiran, yang dipusatkan di Gedung Pendidikan Konservasi. “Kegiatan tersebut merupakan komitmen kami agar generasi muda terus diedukasi tentang lingkungan dan pelestariannya,” kata R Hendrian, Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI.
 
Setidaknya sekitar 160 anak usia tingkat TK terlibat dalam kegiatan edukasi dan lomba menggambar. Kegiatan ini mengajak anak-anak tersebut untuk mengenal dan peduli dengan lingkungan, salah satunya mengenal objek gambar bunga Rhododendron javanicum, yang merupakan tanaman koleksi khas dari Kebun Raya Cibodas.
 
Tak hanya kegiatan itu aja, Kebun Raya Cibodas juga mengadakan kegiatan open house yang terbagi menjadi beberapa sesi, diantaranya pengenalan peralatan kebun, edit foto dengan smartphone, pengenalan koleksi buku perpustakaan, pengenalan bank biji, pembuatan terarium dan kerajinan tangan dari bahan alami, pengenalan kultur jaringan dan praktik pembuatan terrarium bagi para pengunjung dari berbagai kalangan mulai dari anak sekolah maupun pengunjung umum.
 
Sedangkan dari segi pemberdayaan masyarakat, Kebun Raya Cibodas berupaya meningkatkan kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitar lewat program corporate social responsibility (CSR). Masih sebagai bagian peringatan ulang tahun, kebun raya ini pun menyelenggarakan santunan anak kepada sekitar 35 anak yatim-piatu dan kaum dhuafa pada 9 April 2018. Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur atas usia yang telah diraih. (yti [BKT Kebun Raya Cibodas LIPI]/ed: pwd)





 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari Kebun Raya Cibodas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. R. Hendrian M.Sc.