Kerja Sama Pengembangan Ilmu Pengetahuan LIPI dan INCT Timor Leste

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Instituto Nacional de Ciências e Tecnologia (INCT) sepakat untuk melakukan kerja sama pengembangan ilmu pengetahuan. “Misi kami adalah mengembangkan sains murni dan terapan melalui pengembangan repositori ilmiah, kerja sama riset, pertukaran peneliti juga kajian akademis untuk penyusunan kebijakan pemerintah,” jelas Executive President INCT, Jose Cornelio Guiterres di Jakarta pada Senin (23/9). “Kami ingin peneliti muda Timor Leste dapat menimba ilmu dari LIPI sehingga kemampuan peneliti mereka dapat berkembang serta dapat melakukan kolaborasi penelitian.”

Beberapa program kerja sama yang akan dijajaki adalah pelatihan peneliti muda serta pertukaran tenaga peneliti. “Kami sangat senang TimorLeste dapat bekerja sama dengan LIPI. Mereka dapat mengirim peneliti dan melakukan penelitian di fasilitas penelitian LIPI seperti di Cibinong untuk melakukan pertukaran data ilmiah terutama bidang keanekaragaman hayati,” ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Handoko menjelaskan, keragaman hayati Timor Leste merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan keragaman hayati Indonesia . “LIPI membuka lebar kerja sama dalam bidang tersebut lewat satu mekanisme legal yang memberi manfaat untuk kedua pihak,” ujarnya.

Sebagai informasi INCT merupakan lembaga pemerintah Timor Leste yang bertugas dalam mempromosikan kemajuan pengetahuan ilmiah dan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan penduduk Timor Leste. (sr/ ed: fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.