Kisah Para Penemu Muda : Nara, Beli Rumah dan Mobil Setelah Bikin Helm Berpendingin Saat SD

 
 

Kisah Linus Nara Pradhana ini bisa jadi inspirasi anak-anak muda di Indonesia. Setelah menemukan helm berpendingin saat duduk di sekolah dasar, kini dia bisa hidup mandiri. Padahal usianya masih belia, 14 tahun.

Sekitar tiga tahun lalu atau masih duduk di kelas VI SD, Nara membuat inovasi helm berpendingin atau helm dengan lapisan popok. Karya ini lalu diikutkan lomba penemu muda LIPI dua tahun kemudian. Ketika dipamerkan di ajang serupa yang bertaraf internasional, Nara mendapat medali emas.

Helm itu seperti alat pelindung kebanyakan. Namun diberi lapisan berbahan popok yang tidak menyerap panas. Suhu di helm bisa turun seperlima dari sebelumnya dengan lapisan tersebut.

Rupanya, pemberitaan tentang temuan Nara menjadi perhatian pengusaha helm di Indonesia. Salah satunya adalah AVS. Mereka pun membeli paten yang dibuat Nara.

"Jadi kita jual putus, saya serahkan paten ke mereka, " terang Nara saat berbincang dengan detikcom, Jumat (29/11/2013).

Kini, Nara mengaku sudah bisa membeli rumah, mobil dan biaya pendidikan tingginya terjamin. Dia juga masih terus berkarya untuk membuat temuan-temuan yang bermanfaat bagi masyarakat lainnya. Seperti yang dia lakukan terakhir, menciptakan panci pintar untuk membantu ibu-ibu memasak di rumah.
Sumber : detikNews, 29/11/2013

Diakses : 2022